Proposal Skripsi : Sistem Informasi Akuntansi Laba Rugi Pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero)


PROPOSAL SKRIPSI

1.      Judul     :     Sistem Informasi Akuntansi Laba Rugi Pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero)

2.      Latar Belakang
Saat ini di Indonesia perkembangan akan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat berkembang terutama sistem informasinya. Ini membuat suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan harus dapat memaksimalkannya dan harus mampu mengimbangi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Lembaga pemerintah dapat menghasilkan suatu informasi yang dapat membantu pihak-pihak yang terkait.
Pemanfaatan komputer sebagai alat kerja bantu. Khususnya sebagai media pengelolahan data, baik yang berskala besar maupun yang berskala kecil terus berkembang dengan pesat. Itu semua karena kemajuan teknologi yang didorong oleh keinginan manusia untuk dapat melakukan pekerjaan dengan cepat, akurat dan tepat.
Sistem Informasi ini juga di harapkan dapat mengurangi kesalahan yang terjadi, terutama sistem informasi akutansi laporan laba rugi. Laporan Laba Rugi adalah sebuah laporan dalam fungsi akuntansi cukup penting di dalam sebuah perusahaan, baik perusahaan jasa maupun dagang. PT. Perusahaan Gas Negara adalah perusahaan yang bergerak dibidang dagang. Sistem informasi laba rugi pada PT. Perusahaan Gas Negara masih menggunakan Microsoft Excel sebagai alat hitung dan databasenya, sehingga dalam pembuatan laporan laba rugi belum optimal dan memungkinkan terjadinya kesalahaan.
Untuk mengurangi permasalahan yang ada pada PT. Perusahaan Gas Negara dalam mengelola laporan laba rugi sehingga pengelola data lebih efektif, efisien dan menghasilkan laporan laba rugi yang akurat, maka penulis merancang sistem informasi akutansi berdasarkan permasalahan yang ada pada PT. Perusahaan Gas Negaradan mengambil judul “ Sistem Informasi Akuntansi Laba Rugi Pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero).

3.      Indentifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat diidentifikasi permasalahan yaitu: 1. Pencatatan transaksi pendapatan dan beban masih dibuat secara manual.
2. Laporan laba rugi masih dibuat secara semi kompueter.
3. Tidak adanya database untuk menyimpan data transaksi.

4.      Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas timbulah suatu rumusan masalah yaitu:
1.      Bagaimana menyediakan laporan yang dapat tersaji secara jelas dan detail?
2.      Bagaimana merancang sistem informasi akuntansi laba rugi pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero)?
3.      Data apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sistem informasi akuntansi laba rugi?
5.      Batasan Masalah
            Pada proposal tugas akhir ini, Penulis membatasi masalahnya sebagai berikut :
1.      Data Input : Data Customer, Data Security, Data Pendapatan yaitu diambil dari data penyewaan security, Data beban yaitu pengeluaran perusahaan.
2.      Data Output : Berupa laporan buku besar, laporan neraca, laporan jurnal umum dan laporan laba rugi yang terjadi dalam periode tertentu.
3.      Laporan Laba Rugi yang dihasilkan adalah berupa laporan rugi bentuk Single Step.
4.      Bahasa pemograman menggunakan Visual Basic 2010, penyimpanan data menggunakan SQL Server R2 dan bentuk laporan menggunakan Crystal Report.

6.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
6.I. Tujuan Penelitian
Adapun  tujuan dari penelitian ini adalah :
1.   Agar dapat mempermudah dan mempercepat proses pencarian data dan pengecekkan data.
2.   Agar pembuatan laporan laba rugi pada PT. Perusahaan Gas Negara (persero) dapat dilakukan secara efec=ktif dan efisien.
3.   Menghindari kesalahan yang dapat terjadi saat melakukan perhitungan dan memasukkan data.
VI.2 . Manfaat Penelitian
Adapun maanfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja perusahaan PT. Perusahaan Gas Negara (Persero).
2.      Dapat Mengetahui Maju Mundurnya Perusahaan.
3.      Mempermudah dan Mengefisienkan pekerjaan karyawan maupun kegiatan operasional perusahaan PT. Perusahaan Gas Negara (Persero).
4.      Mempercepat Proses pencarian data dan Pengecekan data.
5.      Memudahkan penggunaan sistem dalam melakukan pengolahan data dan pembuatan laporan laba rugi.
6.      Memberikan wawasan baru bagi penulis tentang sistem informasi akuntansi pendapatan dan beban yang terjadi pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero).

7.      Metodologi Penelitian
            Metode merupakan suatu cara atau teknik yang sistematik untuk mengerjakan suatu kasus. Untuk itu penulis menggunakan beberapa cara untuk memperolehnya, diantaranya :
1.      Studi Lapangan
Merupakan metode yang dilakukan dengan mengadakan studi langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data yaitu peninjauan langsung ke lokasi studi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah :

a.       Pengamatan (Observation)
Melakukan pengamatan secara langsung ke tempat objek pembahasan yang ingin diperoleh yaitu bagian-bagian terpenting dalam pengambilan data yang diperlukan pada bagian anggaran biaya produksi.
b.      Sampel (Sampling)
Meneliti dan memilih dokumen perusahaan yang tersedia dan sesuai dengan bidang yang dipilih sebagai berkas lampiran, yaitu pada dokumen produksi barang agar proses pendataan benar-benar akurat.
c.       Wawancara (Interview)
Teknik ini secara langsung bertatap muka dengan pihak bersangkutan untuk mendapatkan penjelasan dari masalah-masalah yang sebelumnya kurang jelas yaitu tentang mekanisme sistem yang digunakan pada perusahaan dan juga untuk meyakinkan bahwa data yang diperoleh dikumpulkan benar-benar akurat.

1.      Studi perpustakaan (Library Research)
Penulis melakukan studi pustaka untuk memperoleh data-data yang berhubungan dengan penulisan Skripsi dari berbagai sumber bacaan seperti: buku tentang sistem informasi dan aplikasi Vb Net 2010, SQL Server.
1.      Buku Vb Net 2010
2.      Buku SQL Server
3.      Buku Sistem Informasi
4.      Buku UML
5.      Buku Anggaran Biaya Produksi
6.      Buku Akuntansi

                     Berikut adalah skema dalam malaksanakan penelitian :


 










Gambar 1 : Prosedur Perancangan

Keterangan :
a.       Target
Target dalam penyelesaian masalah yang dibutuhkan adalah dengan mengkonfigurasikan sistem aplikasi yang telah dirancang untuk digunakan agar user dapat mengakses sistem aplikasi dalam mengelola data dan menghasilkan informasi yang lebih akurat.

b.      Analisis Kebutuhan
Berisi tentang hal-hal yang harus ada pada hasil perancangan agar mampu menyelesaikan masalah yang ada sesuai tujuan. Beberapa hal-hal yang harus dipenuhi adalah :
1.      Adanya aplikasi yang dijalankan untuk mendapatkan laporan laba rugi.
2.      Adanya database untuk menyimpan data pendapatan dan beban pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero).
c.       Spesifikasi dan Desain
            Perancangan sistem menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio. Net 2010, database MySql. Spesifikasi komputer yang digunakan minimal Core I3, RAM 2 Gb serta Sistem Operasi Windows 7.
d.      Implementasi dan Verifikasi
Berisi langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan alat serta tahapan-tahapan pengujian yang dilakukan untuk masing-masing blok peralatan yang dirancang.
1.        Menganalisis beberapa kesalahan yang ada pada sistem yang lama.
2.        Melakukan pengujian aplikasi yang baru untuk meminimalisir kesalahan yang ada.
3.        Melakukan perawatan sistem yang baru apabila terjadi kesalahan.
e.       Validasi
Berisi langkah-langkah yang dilakukan saat pengujian peralatan secara keseluruhan, besaran-besaran yang akan diuji, dan ukuran untuk menilai apakah alat sudah bekerja dengan baik sesuai spesifikasi.
  1. Setelah aplikasi dibuat maka selanjutnya akan dijalankan pada komputer apakah telah sesuai dan berjalan dengan baik.
  2. Menjalankan aplikasi yang baru untuk di uji pada sistem yang lama serta melakukan perawatan sistem.
  3. Melihat hasil informasi dari aplikasi yang dibuat dengan spesifikasi komputer yang digunakan.
f.    Finalisasi
Pada tahapan ini adalah tahapan hasil dari sistem yang sudah dirancang dan berjalan dengan rencana.

8.      Keaslian Penelitian
1.      Bagaimana sistem yang lama dengan sistem yang baru
Sistem yang lama masih bersifat semi komputerisasi dan tidak efisien baik segi waktu dan biaya. Proses pencatatan pendapatan yang diterima dan beban yang dikeluarkan memerlukan waktu yang lama dikarenakan tidak adanya aplikasi yang mempermudah penginputan pada sistem yang lama, bagian keuangan melakukan penyimpanan data pendapatan dan beban dicatat dalam Microsoft Excel yang mengakibatkan pencarian data yang lama. Berbeda dengan sistem yang akan dirancang, sistem informasi anggaran biaya produksi yang akan dirancang didesain agar mudah dan akurat,  dan tidak memakan waktu yang lama.



2.      Pengujian / Uji Coba Sistem  
Pengujian yang akan dilakukan terhadap hasil perancangan dilakukan dengan Black Box dimana Testing Test case ini bertujuan untuk menunjukkan fungsional dari software tentang cara beroperasinya, apakah pemasukkan data keluaran telah berjalan sebagaimana yang diharapkan dan apakah informasi yang disimpan secara eksternal  selalu dijaga kemutakhirannya
Dalam hal ini penulis melakukan beberapa pengujian baik pada software, hardware maupun sistem yang baru. Pengujian software bertujuan agar aplikasi yang di buat sesuai dengan hardware yang akan digunakan. Hardware yang digunakan harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan versi software yang digunakan agar tidak memerlukan waktu yang lama dalam menjalankan apikasi.
Sistem yang baru dilakukan uji coba dengan menjalankan aplikasi yang dibangun dan disesuaikan dengan tujuan penelitian berdasarkan batasan masalah yang telah di uraikan sebelumnya.
1.      Software
a.       Sistem Operasi Microsoft Windows Xp 2
b.      VB Net 2010
c.       SQL Server
2.      Hardware
a.       Processor pentium 4
b.      Ram 1 GB
c.       Hardisk 80 GB
d.      Mouse

9.      Tinjauan Pustaka
Sistem Informasi Akuntansi adalah  sistem yang bertujuan untuk mengumpulkan dan memproses data serta melaporkan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Misalnya, salah satu input dari Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah toko baju, adalah transaksi penjualan. (Anastasia Diana & Lilis Setiawati ; 2011 ; 3).
Visual Basic 2010 merupakan salah satu bagian dari pemrograman terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft Visual Studio 2010. Sebagai pengembangan terintegrasi atau IDE andalan yang dikeluarkan oleh Microsoft, Visual Studio 2010 menambahkan perbaikan –perbaikan fitur dan fitur baru yang lebih lengkap dibandingkan versi Visual Studio pendahulunya, Yaitu Microsoft Visual Studio 200. Visual studio berisi beberapa jenis IDE pemrograman seperti Visual Basic, Visual C++ , Visual Web Developer, Visual C# dan Visual F#. (Wahana Komputer : 2010 : 2)
Database atau basis data adalah sekumpulan data yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan tertentu serta disimpan dalam media penyimpanan computer. Data itu sendiri adalah representasi dari semua fakta yang ada pada dunia nyata. Database sering digunakan untuk melakukan proses terhadap data-data tersebut untuk menghasilkan informasi tertentu. (Wahana Komputer: 2010: 24)
Akuntansi adalah proses yang terdiri dari 3 aktivitas, yaitu identifikasi, merekam, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi pada sebuah organisasi. Definisi sistem informasi akuntansi adalah memproses data dan transaksi untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemakai untuk perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian bisnis. Untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk pengambil keputusan, maka sistem informasi akuntansi harus dapat mengumpulkan transaksi dan data lain dan memasukkannya ke dalam sistem tersebut, dapat memproses dan menyimpan data tersebut untuk masa yang akan datang, dan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemakai berupa laporan yang menghasilkan informasi yang akurat, tepat dan dapat diandalkan. (Soemarso, 2004)
SQL Server 2008 adalah  sebuah terobosan baru dari Microsoft dalam bidang Database. SQL Server adalah sebuah DBMS ( Database Management System) yang di buat oleh Microsoft untuk ikut berkecimpung dalam persaingan dunia pengolahan data menyusul pendahulunya seperti IBM dan Oracle. SQL Server 2008 dibuat pada saat kemajuan dalam bidang hardware sedemikian pesat. Oleh karena itu sudah dapat dipastikan bahwa SQL Server 2008 membawa beberapa terobosan dalam bidang pengolahan dan penyimpanan data. (Wahana Komputer ; 2010 : 2)
            UML singkatan dari Unified Modelling Langguage yang berarti bahasa pemodelan standart. (Chonoles; 2003 : 6) mengatakan sebagai bahasa, berarti UML memiliki sintaks dan semantic. Ketika kita membuat model menggunakan konsep UML ada aturan –aturan yang harus diikuti. Bagaimana elemen pada model-model yang kita buat harus berhubungan satu dengan lainnya harus mengikuti standart yang ada. UML bukan hanya sekedar diagram, tetapi juga menceritakan konteksnya. Ketika pelanggan memesan sesuatu dari sistem, bagaimana transaksinya? Bagaimana sistem mengatasi error yang terjadi? Bagaimana keamanan terhadap sistem yang ada kita buat? Dan sebagainya dapat dijawab dengan UML.
      UML diaplikasikan untuk maksud tertentu, biasanya antara lain untuk :
1.      Merancang perangkat lunak.
2.      Sarana komunikasi antara perangkat lunak dengan bisnis.
3.      Menjabarkan sistem secara rinci untuk analisa dan mencari apa yang diperlukan sistem.
4.      Mendokumentasikan sistem yang ada, proses-proses dan organisasinya.
            UML telah diaplikasikan dalam investasi perbankan,lembaga kesehatan, departemen pertahanan, sistem terdistribusi, sistem pendukung alat kerja, retail, sales, dan supplier.
              Blok pembangunan utama UML adalah diagram. Beberapa diagram ada yang rinci (jenis timing diagram) dan lainya ada yang bersifat umum (misalnya diagram kelas). Para pengembang sistem berorentasikan objek menggunakan bahasa model untuk menggambarkan, membangun dan mendokumentasikan sistem yang mereka rancang. UML memungkinkan para anggota team untuk bekerja sama dalam mengaplikasikan beragam sistem. Intinya, UML merupakan alat komunikasi yang konsisten dalam mensuport para pengembang sistem saat ini. Sebagai perancang sistem mau tidak mau pasti menjumpai UML, baik kita sendiri yang membuat sekedar membaca diagram UML buatan orang lain (Prabowo Pudjo Widodo Dan Herlawati; 2011 : 6-7).

10.    Jadwal Pelaksanaan
Berisi jadwal kegiatan penelitian dan digambarkan dalam Bagan Gantt.
Waktu

 
Kegiatan

 
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Persetujuan Proposal
















Persiapan Penelitian
















Pengumpulan Data
















Pemeriksaan/ Penyuntingan
















Pengetikan/ Penyajian
















Pembuatan Program
















Test Program
















Seminar Hasil

















11.    Lokasi Penelitian
Adapun lokasi yang menjadi tempat riset penulis yaitu pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero), JL. Imam Bonjol No 15 D ,Medan.
           






12.    Bahan Bacaan
Darmayuda, Ketut, 2011, Menggunakan UML, Penerbit Andi, Jogyakarta.

Pudjo Prabowo, 2011 ” Pembelajaran Model Visual UML” Andi Yogyakarta

 Anastasia Diana., Lilis Setiawati., ; 2011, Sistem Informasi Akuntansi
Perancangan Proses dan Penerapan, Penerbit CV Andi, Yogyakarta

Sutabri, Tata, 2012, Konsep Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Wahana Komputer, 2010, Belajar Pemrograman Visual Basic 2010, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Comments

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts