Tugas Profil PT. Niramas Utama (INACO)



PT.NIRAMAS UTAMA ( INACO )

Pengertian perdagangan internasional itu adalah suatu hubungan kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh Negara yang satu dengan Negara lain yang berkaitan dengan barang dan jasa sehingga mampu membawa suatu kemakmuran bagi suatu Negara.

Latar Belakang  PT.NIRAMAS UTAMA ( INACO )
Didirikan pada tahun 1990, INACO justru menangkap peluang untuk memasok Nata De Coco ke luar negeri dengan tujuan utama yakni Taiwan dan Jepang. PT Niramas Utama memiliki standar tinggi dalam berproduksi, apalagi mengingatnya ketatnya persyaratan di negara-negara destinasi eksport. INACO yang merupakan kepanjangan dari Indonesian Nata De Coco, merupakan sebuah strategi pemasaran sarat unsur nasionalisme dengan kebanggaan membawa nama Indonesia. Dari sebuah pabrik di bilangan Bekasi hingga kini memiliki 3 fasilitas utama yang tersebar di Pandaan dan Pontianak, PT Niramas Utama kian dekat dengan pelangganya, sehingga produk INACO pun semakin mudah dijumpai dari Sabang hingga Merauke. Menjadi pelopor jajanan sehat keluarga Indonesia yang terus dipegang teguh sebagai visi dan misi perusahaan, dan dengan dukungan sumber daya manusia, tenaga penjualan pemasaran hingga tenaga operasional sarat pengalaman, PT Niramas Utama terus berkomitmen untuk menjadi bagian dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dansehat.

Barang yang dipasarkan yaitu
PRODUK INACO
INACO memiliki lebih dari 50 SKU dengan kelebihan dan keunikannya masing masing, mulai dari produk untuk anak anak hingga dewasa, mulai dari produk mini jelly hingga Aloe Vera. Produk produk INACO dibuat menggunakan bahan baku pilihan, menggunakan 100% gula asli dengan rasa buah yang menyegarkan. Nata De Coco dikenal sebagai sumber serat pangan yang lezat dan kaya manfaat. Produk lain adalah ALOE VERA, dikemas menarik dengan rasa yang lezat, ALOE VERA atau lidah buaya memiliki banyak manfaat mulai dari untuk kecantikan, hingga meringankan berbagai gejala penyakit seperti diabetes, jantung, mengoptimalkan metabolisme tubuh dan masih banyak lagi
Produk-produk INACO dapat dikonsumsi oleh kalangan yang sangat luas, mulai dari anak anak hingga dewasa bahkan manula. Jenis produknya pun sangat beragam, mulai dari Mini Jelly (untuk anak anak), IM COCO (untuk Remaja), Aloe Vera serta Kolang Kaling (Dewasa), serta Puding untuk anak anak dan dewasa. INACO memberikan banyak pilihan untuk menjawab segmen yang beragam di Indonesia maupun di ranah mancanegara. Generasi Milenial juga merupakan generasi yang potensial untuk terus digarap, sehingga pendekatan kepada target tersebut menjadi proritas kami.
Faktor – factor penyebab PT. INACO Menjadi perdagangan Internasional
PT Niramas Utama (Inaco) akan terus memperkuat brand di luar negeri, di antaranya dengan mendaftarkan merek di pasar tujuan ekspor. Saat ini, merek milik Niramas baru terdaftar di delapan negara dari total 25 negara tujuan ekspor perusahaan tersebut.
Erijanto Djajasudarma, Sales & Marketing Director PT Niramas Utama, mengatakan, ekspor Niramas untuk produk Inaco sejak 2013 hingga 2016 menunjukkan kenaikan. Namun demikian, Niramas menilai masih diperlukan penguatan brand. Saat ini, Niramas sudah masuk ke 25 negara.
"Kami menyadari persaingan di luar negeri, jadi kami mendaftarkan merek kami di beberapa negara, sampai sekarang sudah terdaftar di delapan negara.
 
Ke depan akan terus kami tambahkan," ujarnya.
Erijanto Djajasudarma, Sales & Marketing Director PT Niramas Utama
Selain itu, perseroan juga memanfaatkan mobil distribusi sebagai media branding agar lebih dikenal di negara tujuan ekspor. Di China misalnya, Niramas juga berjualan lewat e-commerce grupnya Alibaba.
Niramas juga masuk ke toko online halal (e-halal) namun segmennya business to business (B2B). Sejak 2015, Niramas juga mulai mendukung marketing activity, termasuk sampling dan listing fee.
"Di setiap negara, nanti tidak hanya satu distributor, kami akan tempatkan country manager untuk mengelola produk kami di negara itu. Kami juga aktif ikut pameran, baik yang mandiri maupun disubsidi oleh pemerintah," jelas Erijanto.
Niramas Utama berdiri 1990 di Bekasi, ekspor pertama berupa nata de coco tanpa merek dengan tujuan Jepang dan Taiwan. Pada 1996, Niramas memproduksi mini jelly dengan merek Inaco untu garap pasar domestik.
Pada 2004, diproduksi jelly untuk pasar low class dan pada 2006 desain logo diganti. Pada 2010, Niramas memiliki puding bubuk, pada 2014 memiliki nata drink, dan akhir 2016 mempunyai minuman baru I’M Coco dengan kemasan PET bottle.
"Tantangan ekspor saat ini adalah registrasi yang lama dan besarnya import duty. Meski situasi global sedang sulit, ada segmen-segmen tertentu yang trennya bertumbuh meski tidak signifikan," kata dia.
Dengan kondisi tersebut, perseroan fokus di Asia Tenggara, apalagi dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Mereka kian gencar berkampanye langsung ke konsumen.
"Karakter konsumen pasar di ASEAN itu mirip dengan Indonesia. Pasar yang besar itu Filipina, Malaysia, dan Myanmar. Kami sudah tunjuk distributor di masing-masing negara tersebut. Kami akan mulai garap pasar yang baru seperti Vietnam. Kami adakan event, ikut bazar-bazar lokaln, dan membagikan sampling langsung ke konsumen," ujar dia.
Semua orang di INACO berkomitmen untuk menciptakan, memproduksi dan mendistribusikan hanya kualitas tinggi, produk bergizi dan sehat kepada konsumen. Tidak akan ada jalan pintas dalam proses produksi. Setiap langkah yang diperlukan akan diambil untuk memastikan konsumen akan mendapatkan hanya yang terbaik dari bahan yang dipilih. Dalam menjalankan usahanya, INACO juga akan mengikuti semua aturan pemerintah dalam mengobati hak dan kewajiban karyawan.

"Makanan sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, makanan yang sehat adalah salah satu ingridient penting dari gaya hidup yang berkualitas. Pada Inaco, kita melihat makanan di perspektif yang berbeda. Kualitas. Taste. Rasa. Kenyamanan. Semua dicampur menjadi produk yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Itu membuat kita benar-benar mencintai apa yang kita lakukan. Membuat makanan yang baik dan sehat. "
INACO KARAKTER
Saya: Inisiatif dengan
N: Jangan pernah menyerah
A: Sadar
C: Customer Oriented
O: Optimis
T: tanggungjawab
E: Evaluasi Beroperasi Konsisten
A: Anggota Anggota tim Yang Harmonis Dan Efektif
M: Motivasi Diri
PENGEMBANGAN TERBARU
Selain terus mengembangkan sumber alam unik sebagai produk kami, segi pemasaran PT Niramas Utama pun tidak ingin tertingal dengan tren terkini di dunia pemasaran, seperti halnya optimalisasi “digital space” dengan memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan lebih intens dan dekat dengan pelanggannya. Penggunaan sistem berbasis online dalam aktivitas operasional juga termasuk prioritas untuk alur dan proses yang lebih efisien. Pengembagan yang berbasis peningkatan nilai tambah menjadi salah satu prioritas PT Niramas Utama, karena kami hanya ingin memberikan yang terbaik kepada konsumen.
PROMOSI
Dengan “hype” yang begitu luar biasa di dunia digital, PT Niramas Utama memanfaatkan jalur tersebut sebagai jalur “khusus” untuk berkomunikasi. Platform digital yang didukung dengan digital asset, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya selalu dengan aktif berkomunikasi dengan para pelanggan. INACO juga mengoptimalkan cara beriklan yang efektif dan efisien di area digital ini, dengan ativitas boosting, SEO, Native Ads, GDN (Google Display Networks) dan masih banyak lagi. Tanpa melupakan media konvensional, media cetak dan media televisi masih merupakan touch point yang sifatnya massal yang masih sangat mungkin untuk dieksplor oleh PT Niramas Utama. Berpromosi dengan cerdas dan tepat merupakan landasan utama bagi kami dalam berkomunikasi. Selain itu, kunjungan pabrik pun sudah merupakan agenda rutin sebagai sarana edukasi kepada anak anak calon penerus bangsa, dengan rangkaian acara yang cerdas dan menghibur, diharapkan akan menambah wawasan dari audiens.

Tingkat Kepentingan Pabrik
PT.Nirmalas hadir menyediakan produk dengan selera pasar global,menawarkan produk yang sehat dan aman dikonsumsi.Pengembangan fasilitas,sumber daya manusia juga dilakukan untuk menjaga mutu dari berbagai produknya.sukses awal dan pengalaman memberikan maanjemen PT.Nirmalas Utama pelaajaran yang sangat beraharga dan dorongan lebih lanjut untuk melakukan terobosan besaar berikutnya.
Setealh lima tahun melakukan aktivitas penjualan diluar negri,terutama Taiwan dan Jepang.Nirmalas memutuskan masuk kepasar dalam negri ini.ii bukan hal sulit karena kualitas dari produk mereka sudah teruji di pasar internasional.Selain Taiwan dan Jepang, saat ini produk-produk Nirmalas telah masuk ke berbagai Negara seperti Ameriak Serikat, kanada, dan sejumlah Negara di Timur Tengah dan Filipina.
Perkembangan produk-produk fermentasi di Indonesia begitu pesat dengan banyaknya merek-merek buatan Indonesia yang memasuki pasar modern saat ini. Kecap Bango,  Mayonaise Mayo, Tempe, MSG, wine, dan nata de coco adalah salah satu produk fermentasi yang masih menjadi trend dewasa ini. Untuk menarik konsumen, para produsen selalu berinovasi terhadap pengembangan produk salah satunya dari segi brand dan packaging (kemasan) produk fermentasi tersebut. Kami akan mencoba menjabarkan salah satu produk fermentasi yaitu nata de coco untuk dianalisis mengenai brand dan packaging yang dimilikinya.
INACO adalah brand yang dibuat oleh PT. Niramas Utama yang bermula dari beberapa pengusaha muda yang berani menerima tantangan dari perusahaan Taiwan dan Jepang untuk menjadi supplier Nata de coco. INACO merupakan nama brand produk jelly yang terkenal. Beberapa elemen-elemen merek yang penting dari produk nata de coco akan dibahas sebagai berikut:
1.    Brand
      Brand yang dimiliki produk nata de coco adalah INACO yang mewakili karakter dari pelayanan PT Niramas Utama yaitu:
 I (initiative) N (never give up) A (aware) C (customer oriented) O (optimist)
      Brand INACO merupakan family branding yaitu pemberian merek yang sama pada beberapa produk dengan alasan mendompleng merek yang sudah ada dan dikenal masyarakat. Misalnya seperti INACO jelly drink, INACO nata de coco, INACO aloe vera, INACO mini jelly, dan INACO puding yang merupakan grup dari PT Niramas Utama. Brand mark atau simbol yang dimiliki INACO adalah Mister Mutu yang terdapat pada bagian belakang kemasan INACO untuk INACO kemasan refill dan pouch dan berada di bagian atas untuk INACO kemasan gelas.
      Trademark atau cap dagang untuk INACO tertulis dibagian depan kemasan yaitu tulisan “Coconut Gel” dan tulisan “Nata De Coco dalam syrup” menunjukkan bahwa cap dagang INACO adalah nata de coco. Selain itu juga dapat dilihat dari nama brand INACO yang mirip dengan INACO misalnya INACO merupakan suatu kependekan dari Indonesian Nata de Coco. Hal tersebut membuktikan bahwa nata de coco dari INACO ini adalah buatan Indonesia.
      Brand Image untuk INACO terkenal dengan produk INACO jelly dikarenakan pasar terbesar yang terbuka adalah segmentasi untuk anak-anak. Citra INACO di masyarakat adalah produk-produk berbahan dasar air kelapa seperti jelly dan nata de coco yang sangat baik untuk pencernaan, rasanya enak dan manis, memiliki kandungan serat yang banyak, serta baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.
      Brand equity pada produk-produk INACO menurut kami sudah semakin baik dikarenakan belum banyak produk nata de coco dalam kemasan yang ada di pasar industri Indonesia. Meskipun sudah ada pesaingnya, namun INACO masih menjadi prioritas atau pilihan bagi masyarakat dalam memiliih produk nata de coco yang disukai mereka. Hal ini membuktikan bahwa equitas merek INACO mampu membuat masyarakat khususnya pelanggan INACO tetap kembali memilih INACO sebagai produk andalan mereka dan dapat diterima sebagai produk nata de coco yang baik dan sehat untuk dikonsumsi secara berkelanjutan.

2.    Kemasan
Kemasan pada suatu produk dapat dianalisis berdasarkan jenis/bahan kemasan yang dipakai, ukuran atau bentuk, fleksibilitas, dan labeling atau desain kemasan.
      Jenis/bahan kemasan yang dipakai untuk INACO nata de coco adalah kemasan plastik berbentuk pouch dengan ukuran atau berat isi 360 gram dan 620 gram. Selain itu terdapat pula kemasan dengan berwadah plastik berbentuk gelas dengan berat 1 kilogram. Bahan plastik pada kemasan nata de coco dipilih yang memiliki sertifikat food grade yang baik untuk makanan. Keuntungan kemasan plastik adalah produk tidak mudah bocor, sekali pakai, mudah dibawa dan lebih hemat.
      Fleksibilitas kemasan INACO 360 gram adalah cocok untuk dikonsumsi bersama keluarga dan dicampur dengan minuman lain sesuai selera dan kreativitas sendiri. Mudah dibawa namun hanya bisa langsung dibuang setelah kemasan dibuka.
      Labelling atau desain kemasan pada INACO nata de coco 360 gram sudah sesuai dengan kriteria labelling pangan yang terdiri dari dua bagian yaitu:
a      Bagian Utama : terdiri dari nama produk, berat bersih, nama dan alamat produsen.
b      Bagian Informasi : terdiri dari komposisi, informasi nilai gizi, kode/tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, petunjuk penyimpanan, petunjuk penggunaan.
      Terdapat dua jenis kode produk yaitu:
a      Nomor pendaftaran dari BPOM RI (MD) untuk pangan produksi dalam negeri.

b      Nomor pendaftaran dari BPOM RI (ML) untuk pangan produksi luar negeri.
Profil Usaha
Nata de coco merupakan hasil fermentasi air kelapa dengan bantuan mikroba Acetobacter xylinum. Air kelapa merupakan limbah cair produksi kopra, minyak kelapa, dodol dan industri pangan lainnya yang menggunakan buah kelapa. Disamping itu nata de coco juga dapat dibuat dari pemanfaatan  limbah air kelapa, ini sering disebut dengan istilah re-use, dan ramah lingkungan. Kandungan utama nata de coco adalah selulosa. Gula yang terdapat pada air kelapa diubah menjadi asam asetat dan benang-benang selulosa oleh Acetobacter xylinum, lama kelamaan akan terbentuk suatu masa yang kokoh dan mencapai ketebalan beberapa sentimeter.
Nata ternyata dapat pula dibuat dari berbagai cairan buah seperti tomat (nata de tomato), nenas (nata de pina), pepaya (nata de papaya) dan buah-buah yang lain yang mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Produk nata diperkirakan mempunyai prospek yang cerah dimasa yang akan datang,sebagai upaya pengembangan perlu dicari alternatif bahan baku substrat nata,salah satu alternatifnya cairan buah semu jambu mete /cashew nut.
Nata de coco yang dihasilkan oleh spesies Acetobacter xylinum mempunyai beberapa keunggulan antara lain kemurnian struktur serat, kekuatan absorbsi air yang besar, pertambahan berat yang cukup besar jika bentuk keringnya direndam dalam air serta bersifat biodegradable. Pada pertumbuhannya Acetobacter xylinum dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain tingkat keasaman medium (pH), oksigen, suhu fermentasi dan nutrisi .

Desain kemasan
Desain kemasan ini dipilih karena memiliki bentuk yang paling sederhana, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen terutama untuk semua kalangan. Kemasan ini berbentuk minimalis dan ekonomis yang bisa di jangkau oleh semua kolongan.
Kemasan merupakan aspek penting dalam rangka menghasilkan produk nata de coco untuk keperluan komersial. Dengan demikian proses pengemasan perlu dilakukan secara teliti dan detai prosesnya sehingga menghasilkan nilai tambah yang optimal dari dari manfaat dan tujuan pengemasan tersebut. Kemasan terhadap nata de coco memiliki tujuan sebgai berikut:
  Mengawetkan produk agar tahan lama dan tidak rusak
  Memberikan sentuhan nilai estetika terhadap produk sehingga memiliki daya tarik yang lebih tinggi
  Meningkatkan nilai tambah secara ekonomi
  Memudahkan proses penyimpanan

Pengemasan dapat dilakukan dengan kemasan yang sederhana dengan mengggunakan cup plastik bening yang telah diberi logo kemasan dan kemasan juga harus bersih atau steril. Isi kemasan diusahakan penuh agar tidak ada udara terisa dalam kemasan sehingga mikroba kontaminan tidak tumbuh.
Analisis Bahan dan Produk
Menurut Migyarta (2007) air kelapa merupakan hasil samping pengolahan kelapa yang belum banyak dimanfaatkan dan banyak dibuang sebagai limbah. Penanganan limbah air kelapa bertujuan agar memperoleh nilai tambah secara ekonomis sekaligus menangani limbah air kelapa tersebut. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai subtract menghasilkan natade coco karena mengandung gula, mineral Mg. Dengan bantuan bakteri A. xylinum air kelapa akan menjadi nata de coco dengan cara sukrosa dalam air kelapa akan dimanfaatkan oleh bakteri sebagai energy, maupun sumber karbon untuk membentuk senyawa metabalik siantaranya senyawa selulosa yang membentuk nata de coco.
Nata de coco yang sudah jadi di kemas dengan cup plastic bening dengan tambahan sirup yang berbagai varian rasa. Misalnya nata de coco dengan varian rasa leci, apel, jeruk dll. Dengan varian rasa yang banyak akan membuat konsumen tertarik dengan rasa, warna dan tampilannya. Kemasan dipilih cup karena membuat tampilan lebih unik untuk di lihat. Dengan tambahan logo yang kreatif akan memberikan informasi akan manfaat yang terkandung di didalam kandungan nata de coco. Kemasan cup-cup plastik kecil disusun kedalam kardus untuk memudahkan dalam  membawanya

Comments

  1. Mohon maaf ..seya pedagang di pasar besar madiun yg hampir tiap minggu atau bulan mengambil inaco rutin ...namun mengapa tiap ksli puasa saya sulit sekali dpt barang ..padahal dudah fidata sesuai pesanan jauh jauh hari...malahan tahun kemarin ssya disuruh tanda tangan untuk barang yg tidak saya terima sekitar juta70.....sekarang malah saya tidak dapat bagian dama sekali..kata salesnya barang sudah habis..mohon jawaban nya

    ReplyDelete
  2. Harga 1karton inaco berapa ya,?
    Please wa saya di 081380390968.thx

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts