Tugas Profil PT. Niramas Utama (INACO)
PT.NIRAMAS
UTAMA ( INACO )
Pengertian perdagangan internasional itu
adalah suatu hubungan kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh Negara yang satu
dengan Negara lain yang berkaitan dengan barang dan jasa sehingga mampu membawa
suatu kemakmuran bagi suatu Negara.
Latar Belakang PT.NIRAMAS UTAMA (
INACO )
Didirikan
pada tahun 1990, INACO justru menangkap peluang untuk memasok Nata De Coco ke
luar negeri dengan tujuan utama yakni Taiwan dan Jepang. PT Niramas Utama
memiliki standar tinggi dalam berproduksi, apalagi mengingatnya ketatnya
persyaratan di negara-negara destinasi eksport. INACO yang merupakan
kepanjangan dari Indonesian Nata De Coco, merupakan sebuah strategi pemasaran
sarat unsur nasionalisme dengan kebanggaan membawa nama Indonesia. Dari sebuah
pabrik di bilangan Bekasi hingga kini memiliki 3 fasilitas utama yang tersebar
di Pandaan dan Pontianak, PT Niramas Utama kian dekat dengan pelangganya,
sehingga produk INACO pun semakin mudah dijumpai dari Sabang hingga Merauke.
Menjadi pelopor jajanan sehat keluarga Indonesia yang terus dipegang teguh
sebagai visi dan misi perusahaan, dan dengan dukungan sumber daya manusia,
tenaga penjualan pemasaran hingga tenaga operasional sarat pengalaman, PT
Niramas Utama terus berkomitmen untuk menjadi bagian dalam mewujudkan Indonesia
yang lebih baik dansehat.
Barang yang dipasarkan yaitu
PRODUK
INACO
INACO memiliki
lebih dari 50 SKU dengan kelebihan dan keunikannya masing masing, mulai dari
produk untuk anak anak hingga dewasa, mulai dari produk mini jelly hingga Aloe
Vera. Produk produk INACO dibuat menggunakan bahan baku pilihan, menggunakan
100% gula asli dengan rasa buah yang menyegarkan. Nata De Coco dikenal sebagai sumber
serat pangan yang lezat dan kaya manfaat. Produk lain adalah ALOE VERA, dikemas
menarik dengan rasa yang lezat, ALOE VERA atau lidah buaya memiliki banyak
manfaat mulai dari untuk kecantikan, hingga meringankan berbagai gejala
penyakit seperti diabetes, jantung, mengoptimalkan metabolisme tubuh dan masih
banyak lagi
Produk-produk
INACO dapat dikonsumsi oleh kalangan yang sangat luas, mulai dari anak anak
hingga dewasa bahkan manula. Jenis produknya pun sangat beragam, mulai dari
Mini Jelly (untuk anak anak), IM COCO (untuk Remaja), Aloe Vera serta Kolang
Kaling (Dewasa), serta Puding untuk anak anak dan dewasa. INACO memberikan
banyak pilihan untuk menjawab segmen yang beragam di Indonesia maupun di ranah
mancanegara. Generasi Milenial juga merupakan generasi yang potensial untuk
terus digarap, sehingga pendekatan kepada target tersebut menjadi proritas kami.
Faktor – factor penyebab PT. INACO Menjadi
perdagangan Internasional
PT
Niramas Utama (Inaco) akan terus memperkuat brand di luar negeri, di antaranya
dengan mendaftarkan merek di pasar tujuan ekspor. Saat ini, merek milik Niramas
baru terdaftar di delapan negara dari total 25 negara tujuan ekspor perusahaan
tersebut.
Erijanto
Djajasudarma, Sales & Marketing Director PT Niramas Utama, mengatakan,
ekspor Niramas untuk produk Inaco sejak 2013 hingga 2016 menunjukkan kenaikan.
Namun demikian, Niramas menilai masih diperlukan penguatan brand. Saat ini,
Niramas sudah masuk ke 25 negara.
"Kami
menyadari persaingan di luar negeri, jadi kami mendaftarkan merek kami di
beberapa negara, sampai sekarang sudah terdaftar di delapan negara.
Ke
depan akan terus kami tambahkan," ujarnya.
Erijanto
Djajasudarma, Sales & Marketing Director PT Niramas Utama
Selain
itu, perseroan juga memanfaatkan mobil distribusi sebagai media branding agar
lebih dikenal di negara tujuan ekspor. Di China misalnya, Niramas juga
berjualan lewat e-commerce grupnya Alibaba.
Niramas
juga masuk ke toko online halal (e-halal) namun segmennya business to business
(B2B). Sejak 2015, Niramas juga mulai mendukung marketing activity, termasuk
sampling dan listing fee.
"Di
setiap negara, nanti tidak hanya satu distributor, kami akan tempatkan country
manager untuk mengelola produk kami di negara itu. Kami juga aktif ikut
pameran, baik yang mandiri maupun disubsidi oleh pemerintah," jelas
Erijanto.
Niramas
Utama berdiri 1990 di Bekasi, ekspor pertama berupa nata de coco tanpa merek
dengan tujuan Jepang dan Taiwan. Pada 1996, Niramas memproduksi mini jelly
dengan merek Inaco untu garap pasar domestik.
Pada
2004, diproduksi jelly untuk pasar low class dan pada 2006 desain logo diganti.
Pada 2010, Niramas memiliki puding bubuk, pada 2014 memiliki nata drink, dan
akhir 2016 mempunyai minuman baru I’M Coco dengan kemasan PET bottle.
"Tantangan
ekspor saat ini adalah registrasi yang lama dan besarnya import duty. Meski
situasi global sedang sulit, ada segmen-segmen tertentu yang trennya bertumbuh
meski tidak signifikan," kata dia.
Dengan
kondisi tersebut, perseroan fokus di Asia Tenggara, apalagi dengan
diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Mereka kian gencar berkampanye
langsung ke konsumen.
"Karakter
konsumen pasar di ASEAN itu mirip dengan Indonesia. Pasar yang besar itu
Filipina, Malaysia, dan Myanmar. Kami sudah tunjuk distributor di masing-masing
negara tersebut. Kami akan mulai garap pasar yang baru seperti Vietnam. Kami
adakan event, ikut bazar-bazar lokaln, dan membagikan sampling langsung ke
konsumen," ujar dia.
Semua orang di INACO berkomitmen untuk
menciptakan, memproduksi dan mendistribusikan hanya kualitas tinggi, produk
bergizi dan sehat kepada konsumen. Tidak akan ada jalan pintas dalam proses
produksi. Setiap langkah yang diperlukan akan diambil untuk memastikan konsumen
akan mendapatkan hanya yang terbaik dari bahan yang dipilih. Dalam menjalankan
usahanya, INACO juga akan mengikuti semua aturan pemerintah dalam mengobati hak
dan kewajiban karyawan.
"Makanan sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, makanan yang sehat adalah salah satu ingridient penting dari gaya hidup yang berkualitas. Pada Inaco, kita melihat makanan di perspektif yang berbeda. Kualitas. Taste. Rasa. Kenyamanan. Semua dicampur menjadi produk yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Itu membuat kita benar-benar mencintai apa yang kita lakukan. Membuat makanan yang baik dan sehat. "
INACO KARAKTER
Saya: Inisiatif dengan
N: Jangan pernah menyerah
A: Sadar
C: Customer Oriented
O: Optimis
T: tanggungjawab
E: Evaluasi Beroperasi Konsisten
A: Anggota Anggota tim Yang Harmonis Dan Efektif
M: Motivasi Diri
"Makanan sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, makanan yang sehat adalah salah satu ingridient penting dari gaya hidup yang berkualitas. Pada Inaco, kita melihat makanan di perspektif yang berbeda. Kualitas. Taste. Rasa. Kenyamanan. Semua dicampur menjadi produk yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Itu membuat kita benar-benar mencintai apa yang kita lakukan. Membuat makanan yang baik dan sehat. "
INACO KARAKTER
Saya: Inisiatif dengan
N: Jangan pernah menyerah
A: Sadar
C: Customer Oriented
O: Optimis
T: tanggungjawab
E: Evaluasi Beroperasi Konsisten
A: Anggota Anggota tim Yang Harmonis Dan Efektif
M: Motivasi Diri
PENGEMBANGAN
TERBARU
Selain terus
mengembangkan sumber alam unik sebagai produk kami, segi pemasaran PT Niramas
Utama pun tidak ingin tertingal dengan tren terkini di dunia pemasaran, seperti
halnya optimalisasi “digital space” dengan memanfaatkan media
sosial untuk berinteraksi dengan lebih intens dan dekat dengan pelanggannya.
Penggunaan sistem berbasis online dalam aktivitas operasional juga termasuk
prioritas untuk alur dan proses yang lebih efisien. Pengembagan yang berbasis
peningkatan nilai tambah menjadi salah satu prioritas PT Niramas Utama, karena
kami hanya ingin memberikan yang terbaik kepada konsumen.
PROMOSI
Dengan “hype”
yang begitu luar biasa di dunia digital, PT Niramas Utama memanfaatkan jalur
tersebut sebagai jalur “khusus” untuk berkomunikasi. Platform digital yang
didukung dengan digital asset, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya
selalu dengan aktif berkomunikasi dengan para pelanggan. INACO juga
mengoptimalkan cara beriklan yang efektif dan efisien di area digital ini,
dengan ativitas boosting, SEO, Native Ads, GDN (Google Display Networks) dan
masih banyak lagi. Tanpa melupakan media konvensional, media cetak dan media
televisi masih merupakan touch point yang sifatnya massal yang
masih sangat mungkin untuk dieksplor oleh PT Niramas Utama. Berpromosi dengan
cerdas dan tepat merupakan landasan utama bagi kami dalam berkomunikasi. Selain
itu, kunjungan pabrik pun sudah merupakan agenda rutin sebagai sarana edukasi
kepada anak anak calon penerus bangsa, dengan rangkaian acara yang cerdas dan
menghibur, diharapkan akan menambah wawasan dari audiens.
Tingkat Kepentingan Pabrik
PT.Nirmalas
hadir menyediakan produk dengan selera pasar global,menawarkan produk yang
sehat dan aman dikonsumsi.Pengembangan fasilitas,sumber daya manusia juga
dilakukan untuk menjaga mutu dari berbagai produknya.sukses awal dan pengalaman
memberikan maanjemen PT.Nirmalas Utama pelaajaran yang sangat beraharga dan
dorongan lebih lanjut untuk melakukan terobosan besaar berikutnya.
Setealh
lima tahun melakukan aktivitas penjualan diluar negri,terutama Taiwan dan
Jepang.Nirmalas memutuskan masuk kepasar dalam negri ini.ii bukan hal sulit
karena kualitas dari produk mereka sudah teruji di pasar internasional.Selain
Taiwan dan Jepang, saat ini produk-produk Nirmalas telah masuk ke berbagai
Negara seperti Ameriak Serikat, kanada, dan sejumlah Negara di Timur Tengah dan
Filipina.
Perkembangan produk-produk fermentasi di
Indonesia begitu pesat dengan banyaknya merek-merek buatan Indonesia yang
memasuki pasar modern saat ini. Kecap Bango, Mayonaise Mayo, Tempe, MSG,
wine, dan nata de coco adalah salah satu produk fermentasi yang masih menjadi
trend dewasa ini. Untuk menarik konsumen, para produsen selalu berinovasi
terhadap pengembangan produk salah satunya dari segi brand dan packaging
(kemasan) produk fermentasi tersebut. Kami akan mencoba menjabarkan salah satu
produk fermentasi yaitu nata de coco untuk dianalisis mengenai brand dan
packaging yang dimilikinya.
INACO adalah brand yang dibuat oleh PT.
Niramas Utama yang bermula dari beberapa pengusaha muda yang berani menerima
tantangan dari perusahaan Taiwan dan Jepang untuk menjadi supplier Nata de
coco. INACO merupakan nama brand produk jelly yang terkenal. Beberapa
elemen-elemen merek yang penting dari produk nata de coco akan dibahas sebagai
berikut:
1. Brand
Brand yang dimiliki produk nata de
coco adalah INACO yang mewakili karakter dari pelayanan PT Niramas Utama yaitu:
I (initiative) N (never
give up) A (aware) C (customer oriented) O (optimist)
Brand INACO merupakan family branding
yaitu pemberian merek yang sama pada beberapa produk dengan alasan mendompleng
merek yang sudah ada dan dikenal masyarakat. Misalnya seperti INACO jelly
drink, INACO nata de coco, INACO aloe vera, INACO mini jelly, dan INACO puding
yang merupakan grup dari PT Niramas Utama. Brand mark atau simbol yang dimiliki
INACO adalah Mister Mutu yang terdapat pada bagian belakang kemasan INACO untuk
INACO kemasan refill dan pouch dan berada di bagian atas untuk INACO kemasan
gelas.
Trademark atau cap dagang untuk INACO
tertulis dibagian depan kemasan yaitu tulisan “Coconut Gel” dan tulisan “Nata
De Coco dalam syrup” menunjukkan bahwa cap dagang INACO adalah nata de coco.
Selain itu juga dapat dilihat dari nama brand INACO yang mirip dengan INACO
misalnya INACO merupakan suatu kependekan dari Indonesian Nata de Coco. Hal
tersebut membuktikan bahwa nata de coco dari INACO ini adalah buatan Indonesia.
Brand Image untuk INACO terkenal
dengan produk INACO jelly dikarenakan pasar terbesar yang terbuka adalah
segmentasi untuk anak-anak. Citra INACO di masyarakat adalah produk-produk
berbahan dasar air kelapa seperti jelly dan nata de coco yang sangat baik untuk
pencernaan, rasanya enak dan manis, memiliki kandungan serat yang banyak, serta
baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.
Brand equity pada produk-produk INACO
menurut kami sudah semakin baik dikarenakan belum banyak produk nata de coco
dalam kemasan yang ada di pasar industri Indonesia. Meskipun sudah ada
pesaingnya, namun INACO masih menjadi prioritas atau pilihan bagi masyarakat
dalam memiliih produk nata de coco yang disukai mereka. Hal ini membuktikan
bahwa equitas merek INACO mampu membuat masyarakat khususnya pelanggan INACO
tetap kembali memilih INACO sebagai produk andalan mereka dan dapat diterima
sebagai produk nata de coco yang baik dan sehat untuk dikonsumsi secara
berkelanjutan.
2. Kemasan
Kemasan pada suatu produk dapat dianalisis
berdasarkan jenis/bahan kemasan yang dipakai, ukuran atau bentuk,
fleksibilitas, dan labeling atau desain kemasan.
Jenis/bahan kemasan yang dipakai untuk
INACO nata de coco adalah kemasan plastik berbentuk pouch dengan ukuran atau
berat isi 360 gram dan 620 gram. Selain itu terdapat pula kemasan dengan
berwadah plastik berbentuk gelas dengan berat 1 kilogram. Bahan plastik pada
kemasan nata de coco dipilih yang memiliki sertifikat food grade yang baik
untuk makanan. Keuntungan kemasan plastik adalah produk tidak mudah bocor,
sekali pakai, mudah dibawa dan lebih hemat.
Fleksibilitas kemasan INACO 360 gram
adalah cocok untuk dikonsumsi bersama keluarga dan dicampur dengan minuman lain
sesuai selera dan kreativitas sendiri. Mudah dibawa namun hanya bisa langsung
dibuang setelah kemasan dibuka.
Labelling atau desain kemasan pada
INACO nata de coco 360 gram sudah sesuai dengan kriteria labelling pangan yang
terdiri dari dua bagian yaitu:
a Bagian Utama : terdiri dari nama
produk, berat bersih, nama dan alamat produsen.
b Bagian Informasi : terdiri dari
komposisi, informasi nilai gizi, kode/tanggal produksi, tanggal kadaluarsa,
petunjuk penyimpanan, petunjuk penggunaan.
Terdapat dua jenis kode produk yaitu:
a Nomor pendaftaran dari BPOM RI (MD)
untuk pangan produksi dalam negeri.
b Nomor pendaftaran dari BPOM RI (ML)
untuk pangan produksi luar negeri.
Profil Usaha
Nata de coco merupakan hasil fermentasi air kelapa
dengan bantuan mikroba Acetobacter xylinum. Air kelapa merupakan limbah
cair produksi kopra, minyak kelapa, dodol dan industri pangan lainnya yang
menggunakan buah kelapa. Disamping itu nata de coco juga dapat dibuat
dari pemanfaatan limbah air kelapa, ini sering disebut dengan istilah re-use,
dan ramah lingkungan. Kandungan utama nata de coco adalah selulosa. Gula
yang terdapat pada air kelapa diubah menjadi asam asetat dan benang-benang
selulosa oleh Acetobacter xylinum, lama kelamaan akan terbentuk suatu
masa yang kokoh dan mencapai ketebalan beberapa sentimeter.
Nata ternyata dapat pula dibuat dari
berbagai cairan buah seperti tomat (nata de tomato), nenas (nata de
pina), pepaya (nata de papaya) dan buah-buah yang lain yang
mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Produk nata diperkirakan
mempunyai prospek yang cerah dimasa yang akan datang,sebagai upaya pengembangan
perlu dicari alternatif bahan baku substrat nata,salah satu
alternatifnya cairan buah semu jambu mete /cashew nut.
Nata de coco yang dihasilkan oleh spesies Acetobacter
xylinum mempunyai beberapa keunggulan antara lain kemurnian struktur serat,
kekuatan absorbsi air yang besar, pertambahan berat yang cukup besar jika
bentuk keringnya direndam dalam air serta bersifat biodegradable. Pada
pertumbuhannya Acetobacter xylinum dipengaruhi oleh faktor-faktor antara
lain tingkat keasaman medium (pH), oksigen, suhu fermentasi dan nutrisi .
Desain kemasan
Desain kemasan ini dipilih karena memiliki bentuk yang paling sederhana,
sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen terutama untuk semua
kalangan. Kemasan ini berbentuk minimalis dan ekonomis yang bisa di jangkau
oleh semua kolongan.
Kemasan merupakan
aspek penting dalam rangka menghasilkan produk nata de coco untuk keperluan
komersial. Dengan demikian proses pengemasan perlu dilakukan secara teliti dan
detai prosesnya sehingga menghasilkan nilai tambah yang optimal dari dari
manfaat dan tujuan pengemasan tersebut. Kemasan terhadap nata de coco memiliki
tujuan sebgai berikut:
Mengawetkan
produk agar tahan lama dan tidak rusak
Memberikan
sentuhan nilai estetika terhadap produk sehingga memiliki daya tarik yang lebih
tinggi
Meningkatkan
nilai tambah secara ekonomi
Memudahkan
proses penyimpanan
Pengemasan
dapat dilakukan dengan kemasan yang sederhana dengan mengggunakan cup plastik
bening yang telah diberi logo kemasan dan kemasan juga harus bersih atau
steril. Isi kemasan diusahakan penuh agar tidak ada udara terisa dalam kemasan
sehingga mikroba kontaminan tidak tumbuh.
Analisis
Bahan dan Produk
Menurut Migyarta
(2007) air kelapa merupakan hasil samping pengolahan kelapa yang belum banyak
dimanfaatkan dan banyak dibuang sebagai limbah. Penanganan limbah air kelapa
bertujuan agar memperoleh nilai tambah secara ekonomis sekaligus menangani
limbah air kelapa tersebut. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai subtract
menghasilkan natade coco karena mengandung gula, mineral Mg. Dengan bantuan
bakteri A. xylinum air kelapa akan menjadi nata de coco dengan cara sukrosa
dalam air kelapa akan dimanfaatkan oleh bakteri sebagai energy, maupun sumber
karbon untuk membentuk senyawa metabalik siantaranya senyawa selulosa yang
membentuk nata de coco.
Nata de coco yang
sudah jadi di kemas dengan cup plastic bening dengan tambahan sirup yang
berbagai varian rasa. Misalnya nata de coco dengan varian rasa leci, apel,
jeruk dll. Dengan varian rasa yang banyak akan membuat konsumen tertarik dengan
rasa, warna dan tampilannya. Kemasan dipilih cup karena membuat tampilan lebih
unik untuk di lihat. Dengan tambahan logo yang kreatif akan memberikan
informasi akan manfaat yang terkandung di didalam kandungan nata de coco.
Kemasan cup-cup plastik kecil disusun kedalam kardus untuk memudahkan
dalam membawanya
Mohon maaf ..seya pedagang di pasar besar madiun yg hampir tiap minggu atau bulan mengambil inaco rutin ...namun mengapa tiap ksli puasa saya sulit sekali dpt barang ..padahal dudah fidata sesuai pesanan jauh jauh hari...malahan tahun kemarin ssya disuruh tanda tangan untuk barang yg tidak saya terima sekitar juta70.....sekarang malah saya tidak dapat bagian dama sekali..kata salesnya barang sudah habis..mohon jawaban nya
ReplyDeleteHarga 1karton inaco berapa ya,?
ReplyDeletePlease wa saya di 081380390968.thx