Benua EROPA


A.          LETAK DAN BENUA EROPA
Benua Eropa merupakan satu-satunya benua yang berbatasan darat dengan Asia. Luas wilayah Eropa mencapai 10.355.000 km2. Secara astronomis, Eropa terletak pada 9'BB–60'BT dan 80'LS–35'LU.
Secara geografis, Eropa terbagi atas empat kawasan yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Para ahli menetapkan bahwa batas Benua Eropa ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Laut Tengah di selatan, dengan Samudra Atlantik di barat, serta dengan Asia, Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia di bagian timur.
1.    Letak Benua Eropa
Secara astronomis Benua Eropa terletak di antara 35 LU – 71 LU dan di antara 9 BB – 60 BT. Adapun batas-batas wilayahnya adalah meliputi berikut ini.
a.    Batas Utara : Laut Es Utara (Samudra Arktik)
b.    Batas Timur : Pegunungan Ural dan Sungai Zhem (Asia)
c.    Batas Selatan : Laut Gibraltar, Laut Tengah, Laut Hitam dan Laut Kaspia
d.   Batas Barat : Samudra Atlantik.
Secara geografis dataran Eropa menjadi satu bagian dengan Asia yang dikenal sebagai Eurasia. Secara Ekonomis wilayah ini lebih maju di bandingkan benua Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen & kawasan skandinavia timur.


B.          PEMBAGIAN WILAYAH BENUA EROPA

1.    EROPA TIMUR
No
Nama Negara
Ibu kota
Luas Wilayah
1
Belarus
Minsk
207.600 km2
2
Bulgaria
Sofia
110.879 km2
3
Republik Ceko
Praha
78.867 km2
4
Hungaria
Budapest
93.028 km2
5
Moldova
Chisinau
33.851 km2
6
Polandia
Warsaw
312.685 km2
7
Rumania
Bucharest
238.391 km2
8
Slowakia
Bratislava
49.035 km2
9
Ukraina
Kiev
603.550 km2
10
Georgia
Tbilisi
69.700m2

2.    EROPA SELATAN
No
Nama Negara
Ibu kota
Luas Wilayah
1
 Albania
Tirana
28.748 km2
2
Andorra
Andorra la Vella
468 km2
3
Bosnia & Herzegovina
Sarajevo
51.197 km2
4
Kroasia
Zagreb
56.594 km2
5
Siprus
Nicosia
9.251 km2
6
Yunani
Athena
1.001.450 km2
7
Vatikan
Vatican City
0,44 km2
8
Italia
Roma
301.340 km2
9
Makedonia
Skopje
25.713 km2
10
Malta
Valletta
316 km2
11
Montenegro
Podgorica
13.812 km2
12
Portugal
Lisbon
92.090 km2
13
San Marino
San Marino
61 km2
14
Serbia
Belgrade
77.474 km2
15
Slovenia
Ljubljana
20.273 km2
16
Spanyol
Madrid
505.370          2
3.    EROPA UTARA
No
Nama Negara
Ibu kota
Luas Wilayah
1
Denmark
Kopenhagen
43.094 km2
2
Estonia
Tallinn
45.228 km2
3
Finlandia
Helsinki
338.145 km2
4
Islandia
Reykjavik
103.000 km2
5
Irlandia
Dublin
70.273 km2
6
Latvia
Riga
64.589 km2
7
Lithuania
Vilnius
65.300 km2
8
Norwegia
Oslo
323.802 km2
9
Swedia
Stockholm
450.295 km2
10
Britania Raya (Inggris)
London
243.6102






4.    EROPA BARAT
No
Nama Negara
Ibu kota
Luas Wilayah
1
Austria
Wina
83.871 km2
2
Belgia
Brussel
30.528 km2
3
Perancis
Paris
643.801 km2
4
Jerman
Berlin
357.022 km2
5
Liechtenstein
Vaduz
160 km2
6
Luksemburg
Luksemburg
2.586 km2
7
Monako
Monako
2 km2
8
Belanda
Amsterdam&
Den Haag
41.543 km2
9
Swiss
Bern
41.277  2






C.          IKLIM
Wilayah pegunungan Eropa memiliki suhu yang lebih dingin dan memiliki curah hujan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah dataran rendah Eropa. Curah hujan Eropa Timur memiliki curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan Eropa Tengah dan Barat. Perbedaan suhu antara musim panas dan musim dingin juga berbeda antara pesisir barat laut Eropa dengan tenggara Eropa. Di Irlandia, dengan perbedaan suhu tertinggi dan terendah hanya 10 °C; sedangkan wilayah utara Laut Kaspia dapat berbeda 40 °C. Rata-rata suhu di Januari berkisar antara 13 °C di selatan Spanyol dan selatan Yunani hingga -20 °C di bagian timur laut Rusiawilayah Eropa. Iklim gurun terdapat di Kazakhstan dan Tenggara Spanyol.
Eropa barat dan sebagian Eropa Tengah umumnya beriklim maritim (Cfb), bagian selatan sebagian besar beriklim Mediterania (Csa, dan beberapa Csb), bagian utara-tengah dan timur hingga Rusia sebagian besar beriklim lembab (Dfb), dan bagian utara Eropa beriklim subarctic (Dfc). Di bagian utara ekstrem (Rusia bagian utara dan Svalbard) yang berbatasan dengan Samudra Arktik beriklim tundra (Et). Pegunungan, seperti Alpen dan pegunungan Carpathia, memiliki iklim dataran tinggi dengan variasi sesuai dengan ketinggian.
Beberapa iklim yang ada di benua Eropa diantaranya adalah:
·         Iklim Darat
Ikim Darat adalah Benua yang berada di Eropa Timur. Dengan memiliki beberapa ciri yaitu pada musim panas maka udaranya akan panas dan pada saat musim dingin maka udaranya akan dingin. Dan hujan akan turun pada musim semi dan juga pada musim panas.
·         Iklim laut
Memiliki beberapa ciri diantanya adalah Hujan turun setiap tahun yaitu pada musim panas dan juga musim dingin. Sedangkan pada musim panas tidak begitu terlalu panas dan saat musim dingin tidak begitu terlalu dingin. 
·         Iklim kutub
Setiap pada musim panas diantaranya berlangsung sangat cepat dan pada  musim dingin berlangsung cukup lama. Dan pada musim ini dapat di temui di negara – negara yang berkutub.

·         Iklim Mediterania
Memiliki beberapa ciri yaitu pada saat musim dingin udaranya sangat sejuk dan pada saat musim panas keadaannya sangat kering. Hal ini lah yang membuat keadaan iklim ini dapat di temui di daerah Laut Tengah. 
·         Iklim Pegunungan 
Ciri iklim ini adalah hanya terdapat di daerah pegunungan saja yaitu udara yang sejuk dan juga udara yang dingin.
·         Iklim Peralihan
Memiliki beberapa ciri diantaranya adalah pada musim dingin udaranya akan berubah menjadi dingin dan pada musim panas udara tersebut akan panas. Dan  pada musim peralihan ini lah yang membuat hujan menjadi sulit untuk turun ke Benua Eropa ini. 


D.          PENDUDUK ATAU RAS
Eropa Kontinental, juga disebut sebagai Eropa daratan, ialah bagian dari benua Eropa, yang secara eksplisit tak termasuk pulau-pulau dan semenanjung di kawasan Eropa. Khususnya, dalam penggunaan bahasa Inggris Britania, istilah bahasa InggrisContinental Europe berarti negara-negara Eropa di luar Britania RayaPulau ManIrlandia dan Islandia. Sebuah definisi umum atas "Eropa Kontinental" ialah massa tanah Eropa tak termasuk Britania Raya, Irlandia, dan Islandia. Namun, di daerah lain di Eropa terdapat berbagai perbedaan gagasan tentang cakupan istilah ini.
Benua Eropa sendiri merupakan benua terkecil di dunia. Jumlah penduduknya sekitar 799.466.000 jiwa. Wilayah dengan penduduk terpadat adalah Eropa Timur. Mayoritas masyarakat Eropa termasuk ke dalam Ras Kaukasoid (berkulit putih & berambut pirang).
Penduduk Eropa sangat beragam, namun sebagian besar penduduknya termasuk keturunan induk bangsa Kaukasoid yang terbagi menjadi beberapa suku bangsa. Berdasarkan ras dan ciri fisiknya, penduduk Eropa dikelompokkan menjadi lima suku bangsa, yaitu sebagai berikut.
1.    Bangsa Nordik. Ciri fisik suku bangsa ini rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka sempit. Mereka banyak tinggal di Eropa Barat dan Eropa Utara, yaitu Norwegia, Inggris, Denmark, Belanda, Swedia, Belgia, dan Jerman bagian utara.
2.    Bangsa Alpen, dengan ciri fisik rambut hitam, mata hitam, tengkorak lebar, dan tidak terlalu tinggi. Suku bangsa ini banyak terdapat di Eropa Tengah dan Eropa Selatan, yaitu Prancis, Swiss, Polandia, Austria, dan Jerman bagian selatan.
3.    Bangsa Mediteran, dengan ciri fisik rambut hitam, mata hitam, badan dan tengkorak menyerupai bangsa Nordik, terdapat di kawasan Eropa Selatan, yaitu Yunani, Italia, Portugis, dan Spanyol.
4.    Bangsa Slavia, dengan ciri fisik menyerupai bangsa Alpen. Mereka banyak tinggal di Eropa Timur yaitu Kroasia, Bulgaria, Serbia, Montonegro, Ceko, Rusia, Ukraina, dan Slovakia.
5.    Bangsa Dinarik, dengan ciri rambut gelap banyak terdapat di Rumania.
Penduduk Eropa menganut beragam agama. Agama dengan jumlah pemeluk terbanyak ialah Katolik Roma yang pemeluknya tersebar di Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Irlandia, Belgia, Jerman bagian selatan, dan Polandia. Kelompok terbesar kedua ialah Kristen Protestan yang sebagian besarnya berada di negara-negara Eropa Utara dan Eropa Tengah seperti Inggris, Skotlandia, Jerman bagian utara, Belanda, dan negara-negara Skandinavia. Kelompok terbesar ketiga adalah pemeluk Kristen Ortodoks yang umumnya tinggal di Rusia, Ukraina, Belarusia, Yunani, Bulgaria, Rumania, serta Serbia dan Montenegro. Kemudian di hampir setiap negara Eropa terdapat banyak komunitas pemeluk Yahudi dengan jumlah terbanyak di Rusia. Agama Islam banyak dianut oleh penduduk Eropa Timur. Di Bosnia dan Albania, Islam merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbanyak, sedangkan di negara Jerman, Prancis, dan Belanda, Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbanyak kedua.


E.          GEOGRAFI BENUA EROPA
Eropa adalah salah satu dari tujuh benuaSecara fisik, Eropa merupakan semenanjung sebelah barat laut dari daratan Eurasia (atau Afro-Eurasia); Asia berada di bagian timur daratan luas ini dan saling berbagi landas benua. Ujung paling timur dari Eropa adalah Pegunungan Ural di Rusia. Perbatasan dengan Asia di bagian tenggara tidak dinyatakan secara universal, tetapi umumnya adalah Sungai Ural atau lebih jarang, Sungai Emba. Batas berlanjut hingga ke Laut Kaspia, puncak Pegunungan Kaukasus (atau lebih jarang, Sungai Kura di Kaukasus), sampai Laut HitamBosporusLaut Marmara, dan Dardanella merupakan akhir dari perbatasan dengan Asia. Laut Mediterania di sebelah selatan memisahkan Eropa dengan Afrika. Batas barat dari Eropa adalah Samudra AtlantikIslandia, meskipun lebih dekat dengan Greenland (Amerika Utara) dibandingkan daratan Eropa, tetap dimasukkan dalam benua Eropa karena alasan kebudayaan. Pusat geografis Eropa menjadi bahan perdebatan saat ini.

·      Geologi
Ciri khas geologi Eropa adalah adanya perbedaan ketinggian daratan,di mana Eropa Selatan terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi sedangkan di Eropa Utara berupa daratan rendah yang sebagian memiliki ketinggian di bawah laut. Dua wilayah tersebut dipisahkan oleh Pirenia dan Alpen/Carpathia. Sebelat barat dari Eropa Utara dibatasi oleh Pegunungan Skandinavia dan bagian pegunungan dari Kepulauan Britania. Laut di wilayah utara antara alin Laut KeltikLaut Utara, kompleks Laut Baltik, dan Laut Barents.
Dataran utara memiliki bagian dari benua geologis lama, benua Baltica, sementara sisanya merupakan fragmen dari berbagai benua geologis.
Geologi dari Eropa ini sangat bervariasi dan kompleks, sehingga memiliki berbagai macam lanskap yang dapat ditemukan di seluruh benua, dari Dataran tinggi Skotlandia hingga dataran Hongaria.
·      Sungai
Sungai terpanjang di Eropa dengan perkiraan panjang:
1.         Volga -   3690 km (2290 mi)
2.         Donau - 2860 km (1780 mi)
3.         Ural   -    2428 km (1509 mi)
4.         Dnieper - 2290 km (1420 mi)
5.         Don   -     1950 km (1210 mi)
6.         Pechora - 1809 km (1124 mi)
7.         Kama -  1805 km (1122 mi)
8.         Oka   -   1500 km (930 mi)
9.         Belaya - 1430 km (890 mi)
10.     Tisza   -   1358 km (844 mi)
11.     Dniester - 1352 km (840 mi)
12.     Rhein   -   1236 km (768 mi)
13.     Elbe   -   1091 km (678 mi)
14.     Vistula - 1047 km (651 mi)
15.     Tagus   - 1038 km (645 mi)
16.     Daugava - 1020 km (630 mi)
17.     Loire - 1012 km (629 mi)
18.     Ebro - 960 km (600 mi)
19.     Neman - 937 km (582 mi)
20.     Sava - 933 km (580 mi)
21.     Douro - 897 km (557 mi)
22.     Oder - 854 km (531 mi)
23.     Guadiana - 829 km (515 mi)
24.     Rhône - 815 km (506 mi)
25.     Seine  - 776 km (482 mi)
26.     Mureș - 761 km (473 mi)
27.     Prut - 742 km (461 mi)
28.     Po - 682 km (424 mi)
29.     Guadalquivir - 657 km (408 mi)
30.     Olt - 615 km (382 mi)
31.     Glomma - 604 km (375 mi)
32.     Garonne - 602 km (374 mi)
33.     Siret - 559 km (347 mi)
34.     Neris - 510 km (320 mi)
35.     Maritsa - 480 km (300 mi)
36.     Gauja - 452 km (281 mi)
37.     Vltava - 430 km (270 mi)
38.     Ialomița - 417 km (259 mi)
39.     Vah - 406 km (252 mi)
40.     Vardar - 388 km (241 mi)
41.     Shannon - 386 km (240 mi)
42.     Someș - 376 km (234 mi)
43.     Morava - 353 km (219 mi)
44.     Drin Albania 335 km
45.     Torne - 324 km (201 mi)
·      Pegunungan
Beberapa pegunungan utama di Eropa adalah:
a.         Pegunungan Ural, yang merupakan perbatasan antara Eropa dan Asia
b.         Pegunungan Kaukasus, yang juga memisahkan Eropa dan Asia,
c.         Pegunungan Carpathia, pegunungan di Eropa Tengah dan Selatan
d.        Alpen, di Eropa Barat Tengah
e.         Apennini, yang berada di Italia
f.          Pirenia, perbatasan antara Prancis dan Spanyol
g.         Pegunungan Cantabria, yang berada di Spanyol bagian utara
h.         Pegunungan Skandinavia, pegunungan yang berada di Semenanjung Skandinavia
i.           Pegunungan Balkan, pegunungan di Balkan tengah
j.           Dataran Tinggi Skotlandia di Britania Raya.


F.           KENAMPAKAN ALAM BENUA EROPA
Kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Eropa terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, dan semenanjung – semenanjung atau peninsula. Kenampakan alam tersebut, antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.    Dataran tinggi sentral yang terdapat di benua Eropa, terdiri dari bukit – bukit dan plato yang sempit. Lereng – lereng di bukit, tertutup oleh hutan dan lembah yang subur. Daerah yang seperti ini menjadi pusat kegiatan penambangan batubara di Eropa.
2.    Pegunungan Alpen yang terdapat di benua Eropa, terdiri dari Pegunungan Pyrenia, Alpina, Dinarik, Karpatia, dan wilayah Turki. Bahkan, termasuk di dalamnya terdapat Gunung Mount Blanc yang memiliki ketinggian 4.813 m di atas permukaan air laut.Gunung Mout Blanc ini juga dianggap sebagai puncak tertinggi. Gunung ini terletak di Eropa pada bagian barat.
Selain pegunungan Alpen, Benua Eropa masih memiliki pegunungan – pegunungan yang lain. Pegunungan tersebut yaitu pegunungan Kaukasus, yang juga menjadi gunung yang terkenal dari benua Eropa.
3.    Semenanjung yang terdapat di benua Eropa tergolong luas. Semenanjung tersebut yaitu semenanjung Skandinavia yang terletak di utara Eropa, Semenanjung Iberia yang terletak di negara Spanyol dan Portugal, semenanjung Apenina yang terletak di Italia, dan Semenanjung Balkan yang terletak di Yunani.
Selanjutnya, benua Eropa juga memiliki dataran rendah yang luas dan banyak terdapat di Eropa bagian utara dan daerah Rusia. Sebenarnya benua Eropa ini, sebagian besar berlokasi di daerah dataran rendah dengan garis pantai yang berliku – liku. Garis pantai yang berliku – liku tersebut menyebabkan benua Eropa memiliki garis pantai yang cukup panjang.
Secara umum, bentangan alam yang dimiliki oleh benua Eropa dapat dibagi menjadi empat bagian. Bagian – bagian tersebut yaitu:
1.    Pegunungan Tua Utara, yang terdapat di benua Eropa ini, sebagian besar didominasi oleh batuan tua yang banyak mengandung mineral logam. Pegunungan Tua Utara ini, masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Bagian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
a.         Fennonskandia yang terbagi menjadi Norwegia, Swedia, dan Finlandia.
b.         Dataran tinggi Skotlandia.
c.         Dataran tinggi Irlandia Barat Laut.
2.    Dataran rendah Rusia. Dataran ini, sebenarnya terdiri dari batuan tua. Namun, batuan tua tersebut tidak tampak dan tertutup oleh batuan sedimen sebelum zaman es. Seperti, yang telah disinggung sebelumnya dalam pembahasan di artikel ini, dataran rendah Rusia ini menempati di seluruh wilayah yang ada di Rusia.
3.    Dataran rendah Eropa Besar yang terletak di pegunungan tua di utara dan pegunungan muda sistem Alpina. Sebagian besar wilayah dataran rendah Eropa Besar ini memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Bahkan, wilayah tersebut telah menempati hampir dua pertiga dari luas benua Eropa. Kawasan dataran rendah Eropa Barat ini membentang dari barat menuju timur. Wilayah ini juga dikelilingi oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Pengunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen, dan juga kawasan Skandinavia Timur.
4.    Pegunungan Lipatan Muda di Benua Eropa terbentuk, disebabkan oleh adanya pergerakan lempeng kulit bumi. Jalur pegunungan Lipatan Muda ini membentuk lengkungan pendek yang terbentang dari arah barat menuju timur Eropa. Ujung paling barat dari pegunungan Lipatan Muda ini membelok ke arah selatan, kemudian menuju ke arah timur, lalu menuju tenggara, ke ujung negara Italia dan Sisilia.
Pegunungan Lipatan Muda ini terdiri dari beberapa pegunungan. Pegunungan – pegunungan tersebut yaitu pegunungan Alpen, pegunungan Ural, dan pegunungan Kaukasus. Pegunungan Kaukasus memiliki salah satu puncak tertinggi di benua Eropa. Puncak tersebut dinamakan Gunung Elbruz, dengan ketinggian 5.663 m di atas permukaan laut. Bahkan, puncak gunung Elbruz ini selalu ditutupi oleh salju.
Bahkan, dibenua Eropa terdapat negara yang ketinggiannya berada di bawah permukaan laut. Negara tersebut yaitu Belanda.Selain pegunungan dan negara yang berada di bawah permukaan laut, benua Eropa juga memiliki beberapa sungai. Sungai di Benua Eropa ini relatif sempit ukurannya. Bahkan sungai – sungai yang ada di benua Eropa ini banyak dimanfaatkan untuk kepentingan pembangkit energi listrik.
Selain untuk pembangkit listrik, juga digunakan untuk prasarana transportasi. Sungai – sungai yang mengalir di benua Eropa, yaitu sungai Rhein, sungai Elbe, sungai Thames, sungai Volga, sungai Donau, sungai Dneper, sungai Don, dungai Petsjora, sungai Dnestr, sungai Vitsula, sungai Loire, sungai Tajo, sungai Neman, sungai Ebro, sungai Oder, sungai Rhone, dan sungai Garonne.
Kenampakan alam yang lain dari benua Eropa yaitu pulau terbesar di dunia. Benua Eropa memiliki dua pulau terbesar di dunia. Pulau tersebut yaitu pulau tanah hijau atau disebut dengan Greenland yang terletak di Denmark dan Pulau Inggris Raya atau yang disebut dengan Great Britain, terletak di Inggris. Pulau Tanah Hijau atau Greenland merupakan pulau terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 2.175.600km2. Kemudian, pulau Inggris Raya yang menempati urutan ke delapan dari pulau – pulau di dunia. Pulau Inggris Raya ini memiliki luas 229.870 km2.

G.         FLORA DAN FAUNA
Benua Eropa memiliki fauna yang khas yaitu Linx. Linx ini sejenis kucing liar yang dapat dijumpai di Eropa Utara.Sebenarnya binatang liar yang terdapat di Eropa sebagian besar hidup di wilayah – wilayah yang sukar dijangkau oleh manusia. Namun, saat ini, binatang liar yang terdapat di benua Eropa sudah hampir mengalami kepunahan.Kemudian, rusa kutub dapat dijumpai di daerah kutub. Selain rusa kutub, juga masih ada fauna yang lain di daerah kutub.
Fauna tersebut yaitu anjing laut Chamois atau rusa yang memiliki bulu yang halus, rubah, dan beruang kutub.Hewan seperti Chamois tersebut, hidup di daerah pegunungan – pegunungan Eropa pada barat daya. Lebih lanjut, mamalia kecil dan berbagai jenis burung dapat dijumpai di Laut Mediterania. Masih berhubungan dengan laut, yaitu di Laut Arktik, Laut Tengah, dan Samudra Atlantik, terdapat anjing laut, tuna, ikan paus, haring, dan berbagai jenis ikan – ikan yang lain.
Seperti yang telah disingung pada paragraf sebelumnya, bahwa hewan – hewan yang terdapat di benua Eropa ada yang mengalami kepunahan. Namun, masih ada juga hewan yang dapat bertahan hingga saat ini. Hewan – hewan yang masih dapat bertahan hidup di Eropa, yaitu beruang, anjing hutan, rubah, babi hutan, dan chamois tersebut. Beruang masih dapat kita jumpai di Rusia dan anjing laut dapat ditemui di Laut Arktik, Samudra Atlantik, dan Laut Tengah.
Flora yang terdapat di Eropa Barat yaitu pohon maple, pohon zaitun, pohon pinus, bunga tulip, bunga mawar dan pohon beech.
Faunanya rusa merah, burung flamingo, babi hutan, tupai merah, kelinci, rubah, dan serigala.
Flora yang terdapat di Eropa Tengah yaitu pohon ek, pinus, cemara, chestnut, walnut,  pohon kelapa dan bunga edelweiss, serta buah ara, jeruk, dan almond.
Faunannya adalah chamois, babi hutan, rusa, berang-berang, dan rubah, serta burung elang.
Flora yang terdapat di Eropa Selatan yaitu  pohon Zaitun , pohon ek , gandum , anggur , jeruk citrus , dan wortel dan
Faunanya Serigala , kera Barbary ,ibex .
Flora yang terdapat di Eropa Timur yaitu pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun. Adapun fauna khas yang hidup di Eropa timur adalah rusa, beruang kutub, serigala, dan ikan tuna.
Flora yang terdapat di eropa utara antara lain yaitu, pohon pinus, pohon cemara, pohon jomon sugi, bunga anemon biru, dan pohon deciduous
Faunannya antara lain sebagai berikut yaitu : Beruang kutub, berang-berang, kijang, rusa, kelinci, cerpelai, pinguin, dan serigala










H.         BAHASA YANG SERING DIGUNAKAN OLEH  MASYARAKAT BENUA EROPA
Berikut ini adalah beberapa negara Eropa yang mempunyai beberapa bahasa resmi:
·      Luxemburg
Bahasa asli orang Luxemburg adalah Lëtzebuergesch (bahasa Luxemburg) yang merupakan dialek dari bahasa Jerman yang memiliki banyak kata serapan dari bahasa Perancis. Menurut undang-undang bahasa yang dicanangkan pada tahun 1984, Luxemburg memeliki 3 bahasa resmi, yaitu: Bahasa Luxemburg, Bahasa Jerman dan Bahasa Perancis. Penelitian yang dilakukan Uni Eropa menyatakan bahwa Bahasa Luxemburg merupakan bahasa ibu dari 70 persen penduduk Luxemburg. Bahasa Perancis merupakan bahasa yang sejak dulu menjadi bahasa exklusif di negara itu, karena dahulu para aristrokat dan keluarga kerajaan lebih suka menggunakan bahasa Perancis. 
Bahasa pengantar di sekolah dasar pada umumnya adalah Bahasa Jerman, karena bahasa Jerman merupakan bahasa yang memiliki hubungan erat dengan bahasa Luxemburg. Di kelas 2 sekolah dasar bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Perancis, setelah itu 2 bahasa tersebut menjadi bahasa pengantar di sekolah. Bahasa asing lainnya yang wajib dipelajari di sekolah adalah bahasa Inggris. Di perguruan tinggi bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman, Perancis ataupun Inggris. Sedangkan bahasa yang digunakan di tempat-tempat umum adalah bahasa Jerman, Perancis, Inggris, Luxemburg, Portugal dan Italia. Banyak pendatang dari Portugal dan Italia yang berkerja di sektor semi formal maupun formal. Namun dalam sektor pekerjaan formal, bahasa yang dipakai cenderung bahasa Perancis, Jerman atau Inggris.
·      Belgia
Belgia mempunyai 3 bahasa resmi yaitu: Bahasa Belanda, Perancis dan Jerman. Belgia yang pada dasarnya terdiri dari dua bagian yaitu Flandria, yang berbahasa Belanda dan Wallonia, yang berbahasa Perancis. Di bagian timur Belgia yang berbatasan dengan Jerman, banyak orang Belgia yang berbicara bahasa Jerman sebagai bahasa ibu. Brussel sebagai ibuk kota Belgia merupakan satu-satunya daerah yang menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Belanda dan Perancis. Flandria hanya memiliki satu bahasa, yaitu bahasa Belanda, dan orang harus berbahasa Belanda di wilayah ini (secara resmi).
·      Swiss
Tidak seperti di Belgia, undang-undang tidak mengatur dengan pasti di daerah mana bahasa-bahasa tersebut boleh/bisa digunakan. Bahasa Rhaeto-Roman hanya digunakan sebagai bahasa resmi apabila seseorang ingin menggunakan bahasa ini di sebuah institusi resmi, sehingga jaminan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dalam bahasa ibu mereka terlindungi oleh undang-undang. Selain bahasa ibu, orang Swiss kebanyakan menguasai lebih dari satu bahasa. Setiap Kanton (pembagian wilayah di negara Swiss) memiliki bahasa yang berbeda. Setiap Kanton bisa memilih bahasa yang dipakai sebagai bahasa resmi. Bahasa Jerman dikuasai 65,6 persen masyarakat Swiss dan merupakan bahasa yang paling sering digunakan di negara ini. 17 Kanton dari 26 yang ada menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pemerintahan dan birokrasi. Kanton Bern (yang memiliki banyak penutur bahasa Jerman) memiliki 2 bahasa resmi yaitu Perancis dan Jerman, sedangkan di Freiburg dan Wallis (yang memiliki banyak penutur bahasa Perancis) bahasa Jerman merupakan bahasa resmi ke dua.
Masyarakat asli Swiss menggunakan bahasa Schwiizerdütsch dalam kesehariannya. Bahasa ini merupakan dialek bahasa Jerman (Bahasa Jerman Swiss).

I.             BENTANG ALAM
a.    Bentang Alam Benua Eropa
Wilayah Benua Eropa memiliki relief bervariasi, yaitu pegunungan, perbukitan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Bentang alam di Benua Eropa meliputi sebagai berikut:
1.    Pegunungan/Gunung Benua Eropa
a.     Pegunungan Alpen (Prancis, Italia, Swiss, Austria, dan Jerman)
b.    Pegunungan Pyrenees (Spanyol dan Prancis)
c.     Pegunungan Karpatia (Polandia, Ukraina, dan Rumania)
d.    Pegunungan Apennina (Italia)
e.     Pegunungan Balkan (Bulgaria dan Yugoslavia)
f.     Pegunungan Ural (Rusia)
g.    Pegunungan Kaukasus (Rusia)
h.    Gunung Elbrus (5.633 m) di Georgia, tertinggi di Benua Eropa
i.      Gunung Mount Blanc (Prancis)
j.      Gunung Etna (Italia)
k.    Gunung Olympus (Yunani)

2.    Dataran Tinggi di Benua Eropa
Dataran Tinggi Rusia (Rusia)

3.     Perbukitan
Perbukitan Volga (Rusia)

4.    Dataran Rendah
·      Dataran Po (Italia)
·      Dataran Alford/Hongaria (Hongaria)

5.    Danau
·      Danau/Laut Kaspia (Rusia)
·       Danau Onega (Rusia)
·      Danau Ladoga (Rusia)

6.    Sungai
·      Sungai Volga (Rusia)
·      Sungai Don (Rusia)
·      Sungai Dniper (Rusia)
·      Sungai Danube (Rumania, Bulgaria, Yugoslavia, dan Hongaria)
·      Sungai Vistula (Polandia)
·      Sungai Oder (Jerman)
·      Sungai Ebro (Spanyol)
·      Sungai Elbe (Jerman)
·      Sungai Rhine (Jerman)
·      Sungai Rhone (Prancis)
·      Sungai Seine (Prancis)
·      Sungai Loire (Prancis)
·      Sungai Garrone (Prancis)
·      Sungai Tagus (Portugal dan Spanyol)
·      Sungai Thames (Inggris)
·      Sungai Po (Italia)

b.   Iklim di Benua Eropa
Wilayah Eropa memiliki iklim dingin dan sedang. Empat jenis musim di Eropa, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi.
c.    Penduduk Benua Eropa
Wilayah Eropa terdapat tiga kelompok bangsa, yaitu bangsa Jermania, Romania, dan Slavia.

J.            KEBUDAYAAN BENUA EROPA

Negara Eropa Barat dan Kebudayaan Barat

Saat ini negara-negara di Eropa bagian barat lebih dikenal karena bidang ekonominya, bukan politik seperti pada masa setelah Perang Dunia II. Negara-negara ini juga dikenal lebih maju perekonomiannya dibandingkan dengan saudaranya yang berada di Eropa Timur.
Kemajuan ini bisa dibilang berawal dari kemajuan budaya dan ilmu pengetahuannya yang ada di negara Eropa Barat yang dulu terdapat daerah bernama Andalusia. Andalusia sempat dikuasai oleh kaum Islam sampai akhirnya terjadi perebutan kekuasaan sehingga menjadi seperti saat ini. Bagian benua Eropa ini juga menjalin kerja sama dengan negara-negara di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania.
Negara-negara di Eropa bagian barat ini memiliki kebudayaan barat dengan konsep ekonomi yang liberal dan kapitalistik. Sebagian besar negara-negara tersebut termasuk dalam Uni Eropa. Uni Eropa merupakan organisasi persatuan negara-negara di Eropa yang terbentuk pada tanggal 1 Januari 2007. Uni Eropa mengatur kegiatan-kegiatan di berbagai bidang termasuk kerja sama di antara mereka. Uni Eropa didirikan untuk mempersatukan negara-negara di Eropa mencapai tujuannya  secara bersama-sama.
Telah disebutkan sebelumnya bahwa negara-negara Eropa bagian barat memiliki kebudayaan barat. Budaya barat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain pengaruh budaya klasik Renaisance Yunani dan Romawi.
Budaya ini memengaruhi sifat-sifat dari orang Eropa yang cenderung rasionalisme dan demokratis. Mereka sangat mengakui adanya hak asasi manusia. Hal ini yang mungkin dapat mendorong “kebebasan” yang sering kita lihat sedikit berlebihan dalam mengakui hak asasi manusia, berbeda dengan orang-orang Asia yang menganut budaya ketimuran yang lebih terikat pada norma-norma dan adat. Meski demikian bukan berarti budaya barat itu "buruk" dengan kebebasannya.
Pengaruh lainnya adalah pengaruh alkitab atau kristianisasi. Pengaruh ini membangun pola pikir masyarakat berdasarkan pemikiran rohani, adat, etika, dan moral. Bisa kita lihat, sebagian besar penduduk Eropa menganut agama tersebut. Selain itu, Eropa Barat ternyata turut menyumbang lahirnya budaya Barat berkaitan dengan seni, musik, tradisi, dan budaya-budaya yang berkembang saat ini.
Kebudayaan Beberapa Negara Eropa Barat
Kebudayaan, tentu berbeda-beda di setiap daerah. Begitu pula dengan negara Eropa Barat. Berikut ini kita akan membahas beberapa kebudayaan negara-negara di Eropa Barat.
1.     Kebudayaan Austria
Kebudayaan yang saat ini terdapat di Austria sangat dipengaruhi oleh negara-negara di sekitar negara ini. Negara-negara dan daerah yang memengaruhi budaya Austria, antara lain Italia, Polandia, Jerman, Hungaria, dan Bohemia. Jika mendengar kata Austria yang sering kita dengar tentang budayanya adalah musiknya. Saat ini, banyak orang  dari luar negeri yang belajar musik di Austria.
Vienna, sebagai ibukota Austria disebut-sebut sebagai kota penting pusat perkembangan musik. Banyak musisi klasik yang berkaitan dengan kota ini, seperti Beethoven, Mozart, dan Strauss.
Selain musik, budaya di Austria lainnya juga berkembang dengan baik. Budaya-budaya tersebut, antara lain arsitektur, literature, komik, film, teater, dan lain-lain. Seni dan budaya yang berkembang tersebut sudah terkenal sampai ke mancanegara, misalnya film. Ada festival film internasional yang rutin diadakan di Vienna, yaitu Vienna Internasional Film Festival.
2.    Kebudayaan Belgia
Kebudayaan Belgia dapat dilihat dari bahasa yang mereka gunakan. Orang-orang Belgia memiliki dua bahasa yang sering digunakan, yaitu bahasa Inggris dan Prancis. Beberapa seni budaya yang menonjol di negara ini, antara lain museum, literatur, musik, sinematografi, komik, dan gastronomi. Salah satu museum yang ternama di Belgia adalah The Royal Museum for Fine Arts. Museum tersebut menyimpan berbagai koleksi dari beberapa seniman besar. Museum ini juga memiliki bioskop dan tempat pertunjukan.

3.    Kebudayaan Prancis

Negara ini memang dikenal sebagai pusat mode dunia. Perkembangan fashion yang terdapat di negara ini menjadi acuan bagi negara-negara lain lain. Perancang-perangcang mode ternama juga banyak yang berasal dari Prancis. Rumah mode ternama asal Prancis, antara lain Chanel, Givenchi, dan Dior.
Selain mode atau fashion, seni dan budaya lain juga berkembang dengan baik. Salah satunya adalah makanan. Makanan Prancis sudah cukup dikenal dan disukai oleh masyarakat internasional. Terdapat kebiasaan yang berbeda antara daerah bagian utara Prancis dan bagian selatan Prancis. Untuk daerah bagian utara terbiasa menggunakan butter untuk memasak sedangkan daerah bagian selatan menggunakan olive oil.

4.    Kebudayaan Jerman

Kebudayaan Jerman dimulai sejak lama, sebelum terbentuknya negara ini. Orang-orang Jerman menggunakan bahasa mereka sendiri, yaitu bahasa Jerman. Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa resmi di Uni Eropa. Kebudayaan Jerman yang cukup terkenal adalah literaturnya. Penulis ternama dari Jerman, antara lain Johann Wolfgang v. Goethe, Friedrich Schiller, Brothers Grimm, Thomas Mann, dan Herman Hesse.
Selain literaturnya, Jerman juga terkenal dengan olahraga sepakbola. Kejuaraan dunia beberapa kali dimenangkan oleh Jerman. Jerman memiliki liga nasional Bundes Liga yang melahirkan bintang-bintang sepakbola internasional. Beberapa pesepakbola dari Jerman, antara lain Oliver Kahn, Franz Beckenbauer, dan Lothar Matthaus.       
Kehidupan sosial di Jerman disebutkan sangat modern dengan keberagaman dan agama yang yang ada. Kaum gay dan lesbian dapat mengadopsi anak secara legal di negara ini.

5.    Kebudayaan Belanda

Belanda. Apa yang ada dalam benak Anda ketika nama negara ini disebutkan? Jika Anda penggemar sepak bola, dari dalam memori akan langsung keluar sejumlah gambaran tentang kehebatan Tim Oranye dalam memainkan Total Football yang nyaris tiada duanya.
Ya, negara Eropa Barat ini sangat terkenal dengan kultur sepak bolanya. Ada banyak pemain besar lahir di sini, mulai dari Johan Cruyff, Ruud Gullit, Marco van Basten, hingga Wesley Snijder dan Arjen Robben. Beberapa klub sepak bolanya pun, semacam Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan Feyenoord Rotherdam, merupakan klub sepak bola ternama di dunia.
Bagi bangsa Indonesia, Belanda adalah bagian dari sejarahnya yang tidak mungkin terlupakan. Beberapa abad lamanya, Belanda menjadi “tuan” di sebagian besar wilayah nusantara, sebelum angkat kaki dengan membawa segudang “harta karun” yang telah menjadikannya salah satu negara kaya di Eropa.
Di luar itu semua, Belanda adalah negara yang unik dan sangat menarik. Sebuah ungkapan menyebutkan, “God created the world, but the Dutch created Holland.” Dengan bangganya, penduduk Negeri Ratu Beatrix ini mengatakan, “Tuhan menciptakan dunia, tetapi orang Belanda-lah yang menciptakan Negeri Belanda.” Apa maksudnya?
Sebutan lain yang populer untuk negeri Belanda adalah negeri sepeda. Sebutan ini amat lekat sebab hanya Belanda yang mempunyai jumlah sepeda terbanyak di dunia. Dibandingkan dengan penduduknya yang hanya berjumlah 16,6 juta jiwa, populasi sepeda di negeri belanda mencapai 22 juta unit. Artinya, sejumlah warga mempunyai lebih dari satu sepeda.
Demikian besarnya populasi sepeda di Belanda, membuat kendaraan kayuh tanpa bahan bakar ini benar-benar menjadi raja jalanan. Semua kalangan bersepeda, dari  menteri, warga darahbiru, walikota, usahawan, pegawai negeri sipil, sopir bus, sampai penyapu jalanan.
a.    Negara di Bawah Lautan
Belanda termasuk negara eropa barat “terendah di dunia”. Betapa tidak, setengah wilayah daratannya berada di bawah permukaan laut. Setengahnya lagi didapatkan dari hasil “memodifikasi” lautan yang menjorok ke dataran sehingga ketinggiannya tidak lebih dari 1 meter (3 kaki) di atas permukaan laut.
Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tengara negeri Belanda, sedikit berbukit.Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.
Belanda terletak di wilayah Eropa Barat. Di sebelah timur berbatasan dengan Jerman, Selatan dengan Belgia dan untuk bagian utara dan barat dibatasi oleh Laut Utara. Negara ini adalah pertemuan budaya Jerman, Inggris, dan Perancis. Begitu tiba di Belanda,
Anda akan mudah untuk mengunjungi kota-kota besar negara lian di Eropa. Brussels hanya ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kereta api, dan Anda akan mencapai Paris, Madrid atau Berlin dari Amsterdam melalui penerbangan yang singkat.Pertama kali yang akan Anda sadari ketika sampai di negara eropa barat Belanda adalah betapa datarnya daratan negara ini. Air di mana-mana, di danau, sungai, dan kanal. Lebih dari 16 juta jiwa tinggal di Belanda yang memiliki luas 41.000 km2.
Meski luas wilayahnya sangat sempit, yaitu sekitar 40 ribu km2, tidak lebih luas daripada propinsi Jawa Timur, namun negara ini termasuk negara maju dengan pendapatan per kapita hampir US $30 ribu. Bandingkan dengan Indonesia yang pendapatan per kapitanya baru mencapai US $2 ribu.
Orang-orang negara eropa barat Belanda membangun tanggul atau parit di daerah berpayau dan yang tergenang air. Mereka berusaha membendung dan memompa air tersebut sehingga muncullah daratan kering. Pada awalnya, proses pemompaan air dilakukan dengan menggunakan kincir angin. Saat ini, proses pemompaan telah menggunakan tenaga listrik.
Itulah mengapa, tanggul, saluran dan pintu air, dan kincir angin menjadi peralatan yang menghiasi lanskap wilayah Belanda. Peralatan-peralatan itu merupakan bagian penting dari sistem pengeringan dan pengolahan air yang memungkinkan sebagian wilayah Belanda—khususnya wilayah dekat lautan—tetap  kering.
Tanpa itu semua, tampaknya negara eropa barat Belanda akan menjadi “negeri banjir” dan selalu terendam air, terlebih sebagain wilayahnya pun dialiri sungai-sungai besar yang sejajar dengan daratan.
b.    Mengatasi Kendala Sumber Daya Alam
Dengan topografi semacam ini, Belanda sangat miskin akan sumber daya alam. Namun, kondisi alam semacam ini, telah mendorong bangsa Belanda untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam menghadapi segala kesulitan. Mereka memutar otak agar bisa keluar dari masalah.Sumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitan yang erat, dimana kekayaan sumber daya alam secara teoritis akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat.
Akan tetapi, pada kenyataannya hal tersebut justru sangat bertentangan karena negara-negara di dunia yang kaya akan sumber daya alamnya seringkali merupakan negara dengan tingkat ekonomi yang rendah.
Hal ini disebabkan negara eropa barat yang cenderung memiliki sumber pendapatan besar dari hasil bumi memiliki kestabilan ekonomi sosial yang lebih rendah daripada negara-negara yang bergerak di sektor industri dan jasa. Di samping itu, negara eropa barat yang kaya akan sumber daya alam juga cenderung tidak memiliki teknologi yang memadai dalam mengolahnya.Korupsi , perang saudara , lemahnya pemerintahan dan  demokrasi juga menjadi faktor penghambat dari perkembangan perekonomian negara-negara terebut.
Salah satu solusi nekat yang mereka dapatkan adalah dengan berusaha “menaklukkan lautan”, mulai dari membendung dan mengeringkan air laut sampai mengarungi samudera untuk mencari daerah jajahan di dunia lain. Mereka berusaha memanfaatkan potensi yang dimilikinya dengan membangun armada laut yang kuat dan mengoptimalkan jalur-jalur perdagangan luar negeri berbasiskan laut.
Hasilnya, kita tahu bersama, wilayah nusantara yang kaya raya berhasil ditaklukkan, demikian pula beberapa wilayah lainnya di dunia, semacam Afrika Selatan dan Suriname. Semua kekurangan ini pada gilirannya mampu menjadikan negara eropa barat Belanda sebagai negara yang kaya di Eropa, bahkan dunia.
Efek selanjutnya, dengan dukungan ekonomi yang kuat dan masyarakat yang sejahtera, negara Eropa Barat nan mungil ini mampu mengembangkan bidang-bidang kehidupan lainnya, mulai seni budaya, literatur, pertanian, ilmu pengetahuan, dan industri. Belanda yaitu negara eropa barat pun melahirkan tokoh-tokoh besar dalam berbagai bidang kehidupan.
Dalam bidang seni misalnya, kita mengenal nama-nama beken semacam Rembrandt, Jan Vermeer, Frans Hals, hingga Vincent van Gogh yang melahirkan karya-karya besar (masterpiece) dalam seni lukis. Para ilmuwan Belanda pun berhasil menemukan mikroskop dan teleskop yang banyak berpengaruh bagi perkembangan sains dewasa ini.
Sebagai negara yang maju dalam perindustrian, negara eropa barat Belanda menjadi salah satu negara dengan tingkat polusi udara yang tinggi sebagai dampak dari aktivitas industri. Masalah tersebut diimbangi oleh penduduk Belanda dengan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan agar tidak memperburuk polusi udara.
Selain untuk mengurangi polusi udara yang berbahaya, bersepeda juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengurangi stress. Maka tak heran jika Belanda naik ke urutan keempat sebagai “The World’s Happiest Country” yang salah satunya dinilai berdasarkan kesehatan di level individu.Berawal dari sebuah inovasi dalam menghadapi tantangan krisis energi dan polusi udara, kini bersepeda telah menjadi bagian dari budaya yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka.
Salah satu keunikan Negeri Belanda ialah permukaan tanahnya yang sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tengara negeri Belanda, sedikit berbukit. Dataran tertinggi di negara eropa barat Belanda hanya setinggi 323 m dan hal tersebut sudah disebut “Gunung”.
Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 323 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut. Ternyata kita perlu belajar banyak hal dari Belanda yang merupakan negara Eropa barat.
Demikian kebudayaan di negara Eropa Barat yang berkembang, serta berpengaruh terhadap negara lainnya. Tentu saja kebudayaan negara Eropa Barat tak bisa dipandang sebagai kebudayaan yang tertinggi. Sebab, menilai sebuah kebudayaan adalah relatif.

K.         KEADAAN EKONOMI
Keadaan Ekonomi dan Penduduk di Benua Eropa
Penduduk di benua Eropa pada dasarnya cukup bervariatif. Secara garis besar, terdapat beberapa suku bangsa di Benua Eropa, yaitu: di Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, dan Inggris, terdapat suku bangsa Germania, di Rusia, Polandia, Bulgaria, Cekoslowakia, Serbia, dan Kroasia, terdapat suku bangsa Slavia, di Italia, Spanyol, dan Portugal, terdapat suku bangsa Mediterania, Suku Alpen, mendiami Prancis dan Swiss.
Kegiatan ekonomi utama penduduk Eropa sangat beragam. Kegiatan ekonomi utama adalah industri. Sektor industri yang dilakukan penduduk Eropa antara lain industri jasa, industri makanan, dan elektronik. 
Selain industri, sektor pertanian juga banyak dilakukan penduduk terutama di daerah barat. Industri pertanian dan pengolahan makanan juga menjadi kegiatan ekonomi utama penduduk di kawasan Eropa Tengah. 
Di daerah selatan, kegiatan ekonomi yang banyak dilakukan penduduk adalah industri pariwisata. Hal ini karena kawasan selatan memiliki bentang alam yang indah. Di kawasan timur, kegiatan ekonomi penduduk terutama di bidang industri sereal.





L.          LETAK DAN BENUA AUSTRALIA
Benua Australia ini merupakan sebuah benua, namun juga merupakan negara. Australia ini terletak di sebelah tenggara dari Indonesia. Benua Australia merupakan negara yang maju yang berada sangat jauh dari benua Eropa dan Benua Amerika. Sehingga, secara fisik, benua Australia lebih dekat dengan Asia Tenggara.
Secara astronomi, benua Australia berada pada jalur bujur diantara 1130 Bujur Timur (BT) sampai 1550Bujur Timur (BT) dan berada di garis lintang diantara 100 Lintang Selatan (LS) sampai 430 Lintang Selatan (LS).
Secara geografis, batas – batas wilayah yang dimiliki oleh benua Australia, yaitu sebagai berikut.
1.    Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, laut Arafuru, dan Papua Nugini.
2.    Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Koral, Laut Tasman, dan Selandia Baru.
3.    Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
4.    Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
Benua Australia ditemukan oleh James Cook dari Inggris pada tahun 1770. Oleh karena itu, sampai sekarang Australia masih termasuk dalam Persemakmuran Inggris .
Dalam geologi, Australia (juga disebut Australia-NuginiSahulMeganesiaAustralia BesarAustralasia, atau Australinea) adalah sebuah benua yang terdiri dari (dalam kelompok ukuran) tanah daratan AustraliaGuinea BaruTasmania, dan beberapa pulauterdekat, yang berada di landas kontinen yang sama. Luas wilayah itu dipisahkan dengan lautan di luar landas kontinen —Laut Arafurudan Selat Torres antara Australia dan Papua Nugini, dan Selat Bass antara daratan Australia dan Tasmania.

Letak Benua Australia Secara Geografis dan Astronomis:

Letak astronomis benua Australia : 10° LS-43° LS dan 113° BT-155° BT
Letak geografis benua Australia : Di belahan bumi bagian selatan dan terletak di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

M.        IKLIM
Benua Australia memiliki beberapa jenis iklim sebagai berikut:
·       Wilayah Australia bagian utara memiliki iklim tropis
·       Wilayah Australia bagian selatan memiliki sub-tropis
·       Wilayah Australia di daerah gurun dan pegunungan memiliki iklim gurun
·       Wilayah Australia di daerah Victoria dan Tasmania memiliki iklim laut

Iklim setengah gersang tropis

Kawasan ini terletak di pedalaman. Suhunya berkisar antara hangat sampai panas sepanjang tahun, yakni antara 21oC dan 27oC. Suhu yang tinggi menyebabkan tingginya tingkat penguapan. Curah hujannya rendah, yakni antara 250 dan 500 mm. Curah hujan tersebut tidak dapat diandalkan dan tidak tetapDaerah-daerah yang paling lembab adalah di dataran tinggi yang dekat dengan pantai, yakni tempat jatuhnya hujan orografis.
Curah hujan cukup bagi tumbuhnya rumput di dataran berumput yang disebut savanna (padang rumput). Di padang rumput ini dijumpai banyak hewan seperti kanguru. Ternak sapi juga dipelihara di sini.

Kawasan-kawasan sedang dan tropis

Di sebelah selatan daerah tropika, terdapat iklim sedang dan subtropis.Kawasan ini mempunyai musim-musim yang jelas tandanya, yakni musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Bulan-bulan yang suhunya berkisar antara hangat sampai panas adalah bulan Desember sampai Februari. Antara bulan Juni dan Agustus suhunya berkisar antara dingin dan sangat dingin di musim dingin. Di musim semi (bulan September sampai November) dan musim gugur (bulan Maret sampai dengan bulan Mei) bersuhu sedang. Semakin ke selatan, keempat musim tersebut semakin jelas terasa bedanya.

Iklim lembab subtropis

Kawasan beriklim subtropis ini terletak di antara Garis Balik dan 35oLS, yakni di antara dataran tinggi dan pantai di Australia bagian timur.
Hujan turun di semua musim, dan kebanyakan hujan turun pada musim
panas. Rata-rata curah hujan adalah 500 sampai 1.500 mm per tahun. Di musim panas udaranya panas dan pada musim dingin udaranya sangat dingin. Rata-rata suhu tahunan berkisar antara 16oC dan 21oC.
Dulunya ada hutan-hutan besar di daerah ini. Sebagian dari hutan-hutan itu masih ada. Hutan-hutan yang luas telah ditebang dan sekarang digunakan untuk pertanian, peternakan, atau dijadikan kota kecil maupun kota besar.

Iklim setengah gersang subtropis

Iklim ini dijumpai di daerah dataran tinggi yang letaknya jauh di barat yang curah hujannya berkurang. Curah hujan tersebut masih cukup untuk menanam rumput di dataran berumput. Satwa asli seperti kanguru berkembang dengan pesat di kawasan itu yang berarti juga mendukung pemeliharaan domba dan pertanian gandum.

Iklim sedang

Terdapat dua jenis iklim sedang di Australia, yakni iklim yang ada di daerah pantai Australia, termasuk di Tasmania, dan iklim di Australia sebelah baratdaya dan sebelah selatan

 

Iklim sedang dan lembab

Iklim ini dijumpai di Australia sebelah timur di antara dataran tinggi dan pantai. Di sini hujan turun sepanjang tahun dengan rata-rata antara 500 dan 1000 mm. Lebih banyak hujan turun di dataran tinggi daripada di pantai.
Di musim panas udaranya panas dan pada musim dingin udaranya sejuk. Suhu tahunan rata-rata berkisar antara 10° dan 16°C. Di musim dingin biasanya salju turun di Pegunungan Salju.
Keseluruhan daerah ini dulunya penuh dengan hutan. Sebagian dari hutan-hutan tersebut masih ada. Di tempat-tempat yang hutannya telah ditebang sekarang dijadikan pertanian dan daerah hunian. Di sepanjang pantai tersebut terdapat pertanian dan perkebunan intensif.

Iklim sedang yang lembab dan kering

Iklim ini terdapat di dua daerah di Australia barat daya di sekitar kota Perth dan
di Australia Selatan dekat kota Adelaide. Di musim panas udaranya sangat panas dan kering, dan di musim dingin udaranya sejuk dan berhujan. Hujan tersebut terbawa angin yang berhembus dari barat sesudah menyeberangi Samudera Hindia dan Samudera Selatan.
Suhu rata-rata tahunan berkisar antara 16°C dan 21°C. Curah hujan tahunan adalah antara 250 dan 500 mm.
Iklimnya disebut iklim Laut Tengah (Mediterranean) karena serupa dengan iklim yang ada di sekitar Laut Tengah tersebut.
Tumbuh-tumbuhannya adalah schlerophyll. Kata schlerophyll berasal dari bahasa Yunani yang berarti berdaun kaku. Tumbuhan ini mempunyai daun yang tebal dan berminyak sehingga memungkinkannya bertahan hidup. Pada musim panas yang hawanya panas dan kering. Pertanian gandum, peternakan domba, dan tanaman anggur dan buah merupakan hal yang penting di sini.

Padang pasir

Sebagian besar daerah pedalaman Australia merupakan sebuah padang pasir dengan kadar penguapan yang tinggi dan hujannya kurang dari 250 mm per tahun. Mungkin padang pasir tersebut tidak mendapat hujan sama sekali selama beberapa tahun. Didaerah tropis suhunya tinggi tetapi di daerah sebelah selatan suhunya lebih sejuk. Suhu tahunan rata-rata berkisar antara 16oC sampai dengan 27oC.

Kegersangan di Australia

Australia merupakan benua paling kering di dunia yang didiami manusia. Letak Benua Australia tidak cukup jauh di utara sehingga tidak secara luas dipengaruhi oleh cuaca lembab tropis. Demikian juga, benua tersebut tidak cukup jauh di selatan sehingga tidak memperoleh banyak hujan dari awan yang berasal dari samudera sebelah selatan. Dengan demikian, sebagian besar benua tersebut kering. Hal ini menjadi masalah bagi pertanian dan hunian.
Setiap tujuh tahun atau lebih Australia mengalami kekeringan. Kekeringan yang selalu timbul lagi itu juga merupakan masalah. Kadang-kadang kekeringan tersebut sangat hebat sehingga terjadi kerugian jutaan dolar ketika tanaman pangan dan hewan peliharaan mati. Dalam peristiwa kekeringan terakhir yang dialami mulai tahun 1992 sampai dengan tahun 1995, banyak daerah di Australia menderita karena tidak ada hujan. Menurut para ilmuwan terjadinya siklus kekeringan ini ada penjelasannya.
Terjadinya keadaan kekeringan di Australia, termasuk juga di beberapa daerah di Indonesia, bergantung pada keadaan-keadaan di Samudera Pasifik Selatan. Apabila keadaan di Pasifik Selatan tidak normal, sehingga dapat terjadi kekeringan atau turun hujan lebat. Keadaan yang menyebabkan kekeringan disebut itu El Nino. Keadaan yang menyebabkan hujan lebat disebut La Nina

Keadaan normal

Dalam keadaan normal angin pasat berhembus dari timur melintasi Samudera Pasifik. Hal ini menyebabkan air hangat dari Pasifik tengah terdorong ke arah barat. Air hangat ini terkumpul di sepanjang garis pantai Australia sebelah utara, dan juga mengalir ke perairan Indonesia. Terbentuklah awan di atas air yang hangat ini. Awan-awan ini membawa hujan apabila bergerak di atas Australia dan Indonesia. 

N.          PENDUDUK ATAU RAS
Suku aborigin (atau yang lebih dikenal dengan indigineus Australia), adalah masyarakat pertama yang ada di Australia sebelum orang kulit putih datang dan mendiami Australia. Mereka memiliki ciri – ciri yang relatif sama dengan masyarakat Papua di Indonesia (seperti kulit, rambut, perhiasan tubuh).Seperti yang dikutip dalam halaman wikipedia, populasi masyarakat aborigin sekitar 700.000 jiwa (2011), atau sekitar 3 % dari total masyarakat Australia di tahun yang sama.
Mereka tersebar di beberapa wilayah Australia, seperti yang bisa kalian lihat dibawah ini.
Wilayah
Jumlah Persebaran
New South Wales
208,476 (2.89%)
Queensland
188,954 (4.22%)
Western Australia
88,270 (3.75%)
Northern Territory
68,850 (29.77%)
Victoria
47,333 (0.85%)
South Australia
37,408 (2.28%)
Tasmania
24,165 (4.72%)
Australia Capital Territory
6.160 (1.67%)
Dan untuk kalian yang bepergian ke Australia, lihat saja sekeliling kalian apabila kalian pergi ke tempat keramaian di kota. Kalian tidak akan sulit menemukan 1 – 2 orang aborigin disana.
Pada tahun 2000, jumlah penduduk yang mendiami wilayah benua Australia mencapai 19.357.594 jiwa. Mayoritas penduduk tersebut merupakan imigran dari negara Inggris. Bahkan, hampir 95% penduduk di Australia, didominasi oleh bangsa kulit putih tersebut.
Orang putih tersebut merupakan imigran – imigran dari benua Eropa. Namun, ada juga imigran yang berasal dari Asia. Penduduk Asia yang mendiami benua Australias sebesar 7% dan bangsa yang lainnya (0,8%).
Penduduk asli Australia yaitu suku aborigin. Bangsa Aborigin ini diduga merupakan para pengembara yang datang dari Asia Tenggara dan menjadi pemukim pertama di benua Australia.
Kedatangan bangsa Eropa ke Australia menyebabkan mereka dipanggil dengan sebutan “Aborigin”. Aborigin berarti penduduk yang sudah bermukim sejak zaman dahulu kala. Suku aborigin termasuk dalam golongan ras Australoid. Ciri – ciri ras Australoid yaitu berambut keriting dan berkulit hitam.
Namun, untuk saat ini, jumlah suku aborigin semakin menurun. Suku asli Australia ini telah tergusur oleh modernisasi. Mereka di gusur ke daerah pedalaman yang tidak dapat disentuh oleh modernisasi yang dibawa oleh orang – orang Eropa, bahkan, daerahnya kering dan tandus.
Namun, kini terdapat masyarakat aborigin yang telah tinggal di kota. Meskipun, sebagian dari mereka masih ada yang hidup secara tradisional. Mereka melakukan perjalanan untuk menembus semak – semak, kemudian, berburu dengan menggunakan tombak dan bumerang.
Mereka mencari makanan, antara lain tanaman, tempayak, dan serangga. Walaupun mereka hidup dengan cara demikian, namun mereka tidak merusak lingkungan di pedalaman Australia.
Bangsa aborigin sangat menjaga kelestarian alam. Bagi bangsa aborigin kelestarian alam merupakan hal yang dianggap suci. Saat ini, jumlah suku aborigin tidak lebih dari 100 ribu orang atau hanya sebesar 1,2% dari jumlah penduduk yang mendiami wilayah Australia. Penyebaran mereka hanya di pedalaman Australia Barat, Teritori Utara, dan Queensland. Lebih lanjut, senjata khas yang dimiliki oleh suku aborigin, yaitu bumerang.
Pada masa – masa terakhir, banyak imigran dari wilayah Eropa, khususnya Eropa Timur, yang datang ke Australia. Sebagian besar dari pendatang, merasa sebagai pemilik wilayah dan mereka juga tinggal di kota – kota.
Agama yang dianut juga beragam, mulai dari Khatolik Anglikhan, Yahudi, Kristen, dan sebagian kecil beragama Islam. Mereka juga pandai berbahasa Inggris. Meskipun demikian, di benua Australia juga terdapat orang – orang dari benua Asia dan Afrika.
Lebih lanjut, ditinjau dari pendapatan per kapita penduduk Australia. Pada tahun 2002 tercatat pendapatan per kapita penduduk Australia yaitu sebesar 24.970 dolar AS.
Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemakmuran yang dimiliki oleh penduduk Australia rata – rata lebih tinggi dibandingkan dengan negara – negara yang terletak di wilayah Asia tenggara, kecuali negara Brunei Darussalam dan negara Singapura.

O.         KENAMPAKAN ALAM
Benua Australia merupakan benua yang datar. Benua ini hanya memiliki pegunungan dengan ketinggi rata – rata 300 m di atas permukaan air laut. Secara umum, topografi yang dimiliki oleh benua Australia, dapat dibagi menjadi sebagai berikut.
1.      Dataran rendah di bagian timur dan tengah.
2.      Dataran rendah pantai barat.
3.      Dataran rendah pantai timur.
4.      Plato dan gurun di Australia bagian barat.
5.      Rangkaian pegunungan “Great Dividing Range” yang terletak di Australia bagian timur.
Meskipun demikian, kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Australia dibagi menjadi 3 wilayah. Kenampakan alam tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.      Untuk benua Australia yang terletak di kawasan bagian barat dan tengah, kenampakan alamnya berupa plato. Pada wilayah ini, terdapat gurun pasir Victoria dan gurun Gibson. Selain terdapat gurun, juga terdapat pegunungan. Pegunungan tersebut adalah pegunungan Mac Donald dan Musgrave. Lebih lanjut, sepertiga daratan yang terletak di wilayah barat dan tengah ini berwujud gurun pasir.
2.      Untuk benua Australia yang terletak di kawasan bagian timur. Kenampakan alam yang berada di wilayah timur yaitu barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York yang berada di utara hingga sampai Tasmania bagian selatan. Barisan pegunungan yang memanjang tersebut dinamakan dengan The Great Dividing Range atau pegunungan pemisah besar. The Great Dividing Rangetersebut, terdiri dari Pegunungan Alpen – Australia dan New England di sebelah selatan. Puncak tertinggi di benua Australia merupakan gunung Kosciuszko dengan ketinggian 2.230 m di atas permukaan air laut.
3.      Benua Australia yang terletak di kawasan bagian tengah antara plato barat dengan pegunungan timur. Pada wilayah ini terdapat dataran rendah dan lembah sungai Murray – Darling dan lembah danau Eyre. Danau eyre tersebut merupakan danau yang terbesar di Australia.
Lebih lanjut, sungai – sungai yang terdapat di Australia ini tidak tetap airnya. Artinya kering di musim kemarau dan meluap di musim hujan. Akibatnya, sungai yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian sepanjang tahun, yaitu hanya sungai Swan.
Kemudian, benua Australia juga memiliki karang yang terkenal. Karang tersebut terletak di pantai timur laut. Karang tersebut diberikan nama The Great Barrier Reef atau karang penghalang besar. Kenampakan alam berupa karang ini merupakan suatu rangkaian yang terdiri dari kurang lebih enam ratus pulau karang kecil yang terbentang di lebih dari 2000 km. Karang ini merupakan pulau karang yang terbesar di dunia. Bahkan, di sekitar karang ini terdapat taman laut yang sangat indah dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata.
Meskipun, benua Australia memiliki kenampakan alam. Benua ini juga memiliki kenampakan buatan. Kenampakan buatan yang dimiliki oleh benua Australia dan terkenal di dunia, yaitu sebagai berikut.
1.    Gedung Royal Exhibition yang terletak di Melbourne. Gedung Royal Exhibition ini telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.
2.    Gedung parlemen yang baru, terletak di Canberra.
3.    Gedung opera Sidney. Gedung ini merupakan suatu gedung pertunjukan opera yang sangat megah di Australia.
Setelah diberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Australia. Selanjutnya bagaimanakah iklim, flora, dan fauna yang dimiliki oleh benua terkecil di dunia ini. Yuk, kita lanjutkan lagi, belajar tentang Benua Australia.

P.           FLORA DAN FAUNA
1.    Flora Benua Australia
Kondisi flora yang tumbuh di Australia sangat dipengaruhi oleh kondisi iklim dan alam yang mendiami flora tersebut. Jenis flora yang terdapat di Australia, sangat didominasi oleh rumpun akasia dan eucalyptus atau kayu putih.
Jenis kayu putih yang tumbuh di benua Australia sebanyak 569 jenis dan akasia sebanyak 772 jenis. Kayu putih merupakan pohon asli dari benua Australia dengan ketinggian pohon yang bervariasi. Namun, diantara pohon kayu putih tersebut terdapat pohon yang tertinggi di dunia.
Tanaman akasia dan kayu putih dapat hidup di tanah yang kering dengan daun yang berlapis lilin. Daun yang berlapis lilin ini dimaksudkan untuk menahan proses penguapan.Padang rumput yang hidup di daerah yang memiliki iklim yang sedang, merupakan rumput yang pendek. Daerah ini, pentas untuk kegiatan peternakan biri – biri. Selain itu, benua Australia juga memiliki hutan.
Hutan hanya terdapat di pantai timur, kemudian, di pantai utara, dan pulau Tasmania sebab daerah ini banyak mendapatkan curah hujan. Kemudian, di daerah yang mengalami bayangan hujan bersambung dengan huran yang terbentang suatu padang rumput yang luas.
Menuju ke bagian tengah merupakan gurun dengan vegetasi khas daerah gurun, yaitu rumput – rumput yang memiliki daun yang kecil dan batang – batangnya juga kecil, namun keras. Benua Australia memiliki sekitar 13.000 jenis tanaman dan sebagian besar merupakan tanaman khas dari benua Australia.
2.    Fauna Benua Australia
Sebagai benua yang terkecil dan kehidupan faunanya juga dipengaruhi oleh alam dan iklim, seperti kondisi floranya. Maka, hewan yang ada di Australia ini cenderung kecil dan tidak begitu buas.
Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk hewan sejenis buaya yang didatangkan dari luar Australia. Benua Australia terdapat banyak hewan khas dan yang paling banyak dijumpai yaitu jenis hewan berkantung atau marsupial.
Hewan – hewan yang hidup di Australia, antara lain kanguru, tikus berkantung, kuskus, platypus, koala, beberapa jenis burung, cicak terbang, dan dingo. Dingo merupakan sejenis anjing yang liar.
Selain itu, di benua Australia juga terdapat beberapa jenis burung, antara lain burung emu yaitu sejenis burung unta, burung cendrawasih, burung kasuari, burung beo, burung lira, burung betet, burung merak, burung kakaktua, dan angsa hitam.
Ada ahli – ahli yang menyatakan bahwa keunikan satwa yang dimiliki oleh benua Australia berhubungan dengan pemisahan antara Australia dengan India dan Antartika. India dan Antartika merupakan bagian dari Benua Gondwan

Q.         PEMBAGIAN WILAYAH
Benua Australia dibagi menjadi delapan negara bagian. Hal tersebut disebabkan benua Australia merupakan suatu negara persemakmuran yang dikelompokkan menjadi 6 negara bagian dan 2 teritorial.
Berbeda dengan benua – benua yang lain yang masing dibagi menurut wilayah, kemudian baru negara bagian. Benua Australia tidak demikian. Benua ini hanya memiliki 8 negara, yaitu sebagai berikut.
No
Nama Negara
Ibu Kota
1
Australia Utara
Darwin
2
Queensland
Brisbane
3
New South Wales
Sydney
4
Victoria
Melbourne
5
Australia Selatan
Adelaide
6
Australia Barat
Perth
7
Tasmania
Hobart
8
Australia Capital Territory
Canberra

Keterangan:
a.    Queensland merupakan suatu negara bagian yang ada di Australia dan terletak di sebelah timur laut benua ini. Batas – batas wilayah untuk Queensland, yaitu sebagai berikut.
1.    Sebelah barat berbatasan dengan Australia selatan dan Australia utara.
2.    Sebelah utara berbatasan dengan Teluk Carpentaria.
3.    Sebelah timur berbatasan dengan Laut Koral.
4.    Sebelah selatan berbatasan dengan New South Wales.
b.     New South Wales, merupakan salah satu negara bagian Australia yang terletak di sebelah tenggara. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara New South Wales, yaitu sebagai berikut.
1.    Sebelah utara berbatasan dengan Queensland.
2.    Sebelah selatan berbatasan dengan Victoria.
3.    Sebelah timur berbatasan dengan Laut Tasmania.
c.     Victoria merupakan salah satu negara yang terletak di Australia yang berada di sebelah selatan. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara Victoria, yaitu sebagai berikut.
1.    Sebelah utara berbatasan dengan New South Wales.
2.    Sebelah barat berbatasan langsung dengan selat Tasmania.
d.    Tasmania merupakan salah satu negara bagian di Australia yang terdiri dari sebuah pulau yang besar dan terletak di paling ujung benua Australia ini.

e.    Australia Selatan merupakan salah satu negara bagian Australia. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh Australia selatan, yaitu sebagai berikut.
1.    Sebelah timur berbatasan dengan Queensland, New South Wales, dan Victoria.
2.    Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Australia besar.
3.    Sebelah utara berbatasan dengan negara bagian Australia utara.
4.    Sebelah barat berbatasan dengan Australia barat.
f.     Australia Barat merupakan suatu negara bagian yang wilayahnya paling luas. Luas wilayahnya meliputi 1/3 dari luas benua Australia. Australia barat memiliki dua wilayah teritorial, yaitu:
1.    Daerah khusus ibu kota Canberra.
2.    Australia utara yang beribukota di Darwin.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat 8 negara yang mendiami wilayah benua Australia, dengan 6 negara bagian, dan 2 wilayah teritorial.
R.          KEADAAN EKONOMI
Keadaan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk benua Australia, meliputi peternakan, perkebunan, dan kegiatan pertambangan. Kegiatan perekonomian di Australia sangat mengandalkan pada sektor pertanian dan pertambangan. Pertanian yang diusahakan oleh penduduk Australia berada di daerah – daerah yang banyak curah hujan.
Hasil pertanian penduduk antara lain buah – buahan, sayuran, tebu, dan gandum. Bahkan, sekitar 60% lahan pertanian penduduk Australia yaitu ladang gandum. Ladang gandum yang dimiliki seluas 8 juta hektar dengan penduduk yang berjumlah 22 juta orang.
Hal tersebut menyebabkan kebutuhan gandum di Australia menjadi berlebihan. Hasil pertanian yang lain yang dimiliki oleh penduduk Australia yaitu barley, padi, jagung sorgum, tembakau, kapas, dan kelapa.
Lebih lanjut, usaha peternakan sangat cocok di benua Australia. Karena di Australia banyak terdapat padang rumput. Ternak utama yang dihasilkan penduduk Australia yaitu biri – biri dan domba untuk diambil wolnya.
Komoditas ekspor seperti wol tersebut dihasilkan oleh domba yang terdapat di peternakan. Selain, memproduksi wol, penduduk benua Australia juga menghasilkan daging sapi potong, susu, dan keju yang dihasilkan oleh peternakan sapi.
Kegiatan peternakan di benua Asutralia ini, pada umumnya diusahakan oleh suatu perusahaan ternak, yang dinamakan dengan squarter. Tempat yang digunakan untuk mengandangkan hewan ternak dinamakan dengan station.
Sedangkan, tempat yang digunakan untuk penggembalaan ternak dinamakan dengan ranch. Kemudian, ditinjau dari sektor perkebunan, yang telah menghasilkan produk ekspor, antara lain buah apel, anggur, gandum, barley, dan jagung.
Selain, dari sektor perkebunan, dan peternakan, masih ada lagi sektor pertambangan. Hasil tambang berupa bauksit, emas, tembaga, timah, berlian, nikel, besi, dan batu bara. Daerah yang kaya akan endapan perak, timah, dan seng, terdapat di Broken Hill. Broken Hill terletak di sebelah barat New South Wales. Broken hill merupakan gurun.
Sedangkan, tambang emas dapat ditemukan di Kalgoorlie dan Kolgardie. Kemudian, daerah yang kaya akan tembaga, dapat ditemui di Gunung Isa – Queensland. Tambang bauksit dapat ditemui di Weipa – Queensland. Iron Knob sebagai tempat untuk tambang biji besi. Roxby Downs sebagai tempat untuk areal tambang tembaga, emas, uranium, dan perak.
Berdasarkan pemaparan di atas menunjukkan bahwa benua Australia meskipun sebagai benua terkecil di dunia. Namun, memiliki kekayaan alam yang melimpah dan dijadikan sebagai sumber kegiatan perekonomian penduduk Australia.
Kegiatan perekonomian dalam bidang industri cukup berkembang di benua Australia. Industr- industri yang terdapat di benua Australia, antara lain industri mesin – mesin mobil, mesin – mesin kapal, barang elektronika, besi baja, industri bahan makanan, dan peralatan yang digunakan untuk kedokteran. Pusat perindustrian di benua Australia terdapat di Sydney, New Castle, Brisbane, Hobart, Adelaide, dan Perth.
Kegiatan ekonomi penduduk Asutralia ditinjau dari sektor pariwisata. Dalam bidang pariwisata, daya tarik yang dihasilkan dari keunikan flora dan fauna, bangunan – bangunan yang berasitektur modern, seperti opera digunakan sebagai daya tarik utama di negara Australia. Selain itu, jembatan dan beberapa atraksi kebudayaan, juga digunakan negara Australia untuk menarik turis dari luar.
Berdasarkan pendapat di atas dapat diketahui bahwa kegiatan perekonomian penduduk Australia, terdiri dari pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, dan pariwisata.
Melalui kegiatan ekonomi tersebut, Australia bisa melakukan kegiatan ekspor dan impor barang ke luar negeri, salah satunya dengan Indonesia.

S.           KEADAAN SOSIAL
Keadaan sosial di Benua Australia adalah sebagai berikut :
1.    Kepadatan penduduk Benua Australia paling rendah (jarang) dibandingkan benua lainnya, yaitu 2 orang per km2.
2.    Mayoritas penduduk Benua Australia dari negara Inggris.
3.    Mayoritas penduduk Benua Australia (85%) tinggan di pelabuhan (tepi pantai)
4.    Australia sebagai tujuan imigran (pendatang) dari Asia dan Afrika
5.    Penduduk Australia memiliki budaya yang beragam. Penduduk asli Australia adalah Aborigin, dengan senjata tradisional Bumerang

T.          BAHASA YANG SERING DIGUNAKAN OLEH MASYARAKAT AUSTRALIA
Meski tidak ada bahasa resmi di negara Australia, bahasa yang paling banyak dituturkan adalah bahasa Inggris yang sudah berurat umbi sebagai bahasa kebangsaan yang sesuai dengan pelaksanaan secara nyata (de fakto) sejak kemerdekaan Australia.[1] Bahasa Inggris Australia adalah jenis ragam bahasa Inggris yang paling banyak dituturkan, disebut sebagai bahasa Inggris Australia karena logat, lingkup kekayaan kata-katanya, pengejaan dan tata bahasanya yang berlainan hal dari beberapa jenis ragam bahasa Inggris lainnya.[2][3] Menurut hasil cacah jiwa tahun 2016, hanya bahasa Inggris yang menjadi satu-satunya bahasa yang paling ramai dipergunakan dengan kisaran hampir 70% dari penduduk Australia seluruhnya. Kemudian, bahasa-bahasa lain yang paling lazim dipergunakan adalah di antaranya:[4] Bahasa Tionghoa Baku (2.5%), Bahasa Arab (1.4%), Bahasa Kanton (1.2%), Bahasa Vietnam (1.2%) dan Bahasa Italia (1.2%).
Orang-orang perantauan asing turunan pertama dan kedua yang menetap di negara Australia tergolong dwibahasawan/wati karena sudah mahir berbicara dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kebangsaan Australia dan juga berbicara dalam bahasa aslinya sebagai unjuk jati dirinya. Hal yang demikian sudah seperlunya diterapkan oleh para orang tua yang berkedudukan sebagai penghijrah asing di Australia.
Terdapat sebanyak lebih dari 250 buah bahasa penduduk asli Australia yang diperkirakan sudah lama keberadaannya pada saat pertama kalinya orang-orang Eropa melakukan hubungan satu dengan lainnya di Australia. Kini, tak lebih dari sekitar 20 bahasa penduduk asli di sana yang masih dipilih sebagai perantara perhubungan sehari-hari dari golongan usia manapun.[5][6]Sementara itu, dapat pula dijumpai sebanyak 110 bahasa penduduk asli lainnya yang rata-rata hanya dipertuturkan secara terbatas bagi golongan lanjut usia.[6] Berdasarkan hasil akhir pencacahan jiwa tahun 2006, diketahui bahwa 52.000 bahasa penduduk pribumi Australia yang dijatidirikan sebagai penduduk asli di sana hingga 12% menggunakan bahasa asli Australia—sekurang-kurangnya satu bahasa asli—sebagai alat perantara pertuturan harian di rumahnya masing-masing.[7] Australia telah memunyai seperangkat bahasa isyarat yang disebut sebagai Auslan, dari inilah para penyandang tuna rungu di Australia yang berjumlah sekitar 5.500 orang dapat melakukan antarhubungannya terhadap sesamanya sebagai satu-satunya perantara perhubungan yang amat dibutuhkan dan penting sekaligus.[8]

Bahasa Penduduk Pribumi Australia
Hasil pencacahan jiwa tahun 2011 yang menggambarkan secara menyeluruh tentang jumlah angka perseratus warga Australia yang bertutur dalam berbagai bahasa pribumi Australia yang dibuat secara terpilah-pilah berdasarkan ilmu kebumian (geografi) oleh hasil catatan-catatan angka dari seluruh wilayah setempat Australia.
Dipercayai bahwa ditemukan bahasa-bahasa penduduk pribumi Australia yang jumlahnya mendekati 400 bahasa ketika orang-orang Eropa melakukan hubungan dengan penduduk setempat untuk pertama kalinya. Sebagian besar bahasa-bahasa tersebut sudah banyak yang lenyap dan juga semakin menggenting, sehingga hanya didapati sebanyak lima belas bahasa yang masih dipertuturkan semua golongan usia dari suku bangsa asli Australia yang bersangkutan.
Sebanyak 50.000 penduduk asli Australia (0,25%) yang menjadikan sejumlah bahasa penduduk asli di Australia yang masih hidup sebagai perantara perhubungan yang utama bagi mereka. Bahasa isyarat Australia disebut sebagai Auslan yang menjadi perantara perhubungan yang utama dan juga terdahulukan oleh para tuna rungu yang kira-kira mencpai 10.000 orang. Sampai sejauh ini, bahasa asing yang paling banyak dipertuturkan di Australia adalah bahasa Tionghoa Baku yang jumlahnya tercatat sebanyak 715.000 orang pada tahun 2016.
Sekarang ini, bahasa-bahasa pribumi Australia yang paling banyak digunakan sebagai perantara perhubungan adalah bahasa Aranda Atasbahasa Selat Torres Baratbahasa Tiwibahasa Walmajarribahasa Warlpiri dan bahasa Wati.

 

Aneka bahasa Selat Torres

Dijumpai sebanyak dua bahasa yang dituturkan di kepulauan selat Torres yang termasuk pada sepanjang cakupan daerah Australia dan ditinggali para penghuni berketurunan Melanesia yang bertutur dalam Bahasa Kepulauan Selat Torres Barat (atau Bahasa Kalaw Lagaw Ya) dan Bahasa Kepulauan Selat Torres Timur (atau bahasa Miriam). Bahasa Kepulauan Selat Torres Timur tergolong ke dalam bahasa-bahasa Papua, sedangkan Bahasa Kepulauan Selat Torres Barat termasuk bahasa pribumi di Australia.

Bahasa berpola sederhana (pijin) dan bahasa kacukan (kreol) di Australia

Di negara Australia, terdapat dua jenis bahasa Inggris kacukan yang turut dituturkan di Australia sejak pertama kalinya hubungan antara penduduk pribumi Australia dan bangsa Eropa, baik secara lisan maupun tulisan, di antaranya adalah Bahasa Kriol Australia dan Bahasa Selat Torres Kacukan. Penutur-penutur bahasa Kriol berada di Wilayah Utara Australia serta para penutur bahasa Selat Torres kacukan hidup di daerah QueenslandBahasa Broome Pearling Lugger merupakan sejenis bahasa berpola sederhana yang dipilih sebagai bahasa pergaulan bagi orang-orang yang berasal dari aneka ragam rumpun bangsa seperti rumpun bangsa Melayu, Jepang, Vietnam, Orang Kepulauan Selat Torres dan penduduk pribumi Australia, biasanya bahasa tersebut dapat langsung dijumpai pada kapal-kapal pemburu permata murni.

Bahasa para pendatang di Australia
Kira-kira sekitar tahun 2001, angka perseratus warga negara Australia yang hanya berbahasa Inggris di tempat tinggal mereka masing-masing telah mulai menunjukkan penurunan. Hasil pencacahan jiwa di Australia yang dikeluarkan secara resmi pada tahun 2001 menyatakan bahwa bahasa Inggrislah satu-satunya perantara tutur di tempat tinggal mereka masing-masing, berkisar sampai angka 80%. Angka tersebut lambat laun terus berkurang menjadi hampir sebanyak 79% saja pada tahun 2006 lalu tak lebih pula dari angka tersebut pada hasil pencacahan jiwa di tahun 2011, yaitu sekitar 76,8% saja. Hal demikian tampak semakin menjadi-jadi dengan angka perseratus sebanyak 72,7% saja menurut hasil pencacahan jiwa di tahun 2016; penjelasan tadi memang memaknakan tengah terjadinya kecenderungan yang semakin tidak memihak para penutur bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka sejak lahir. Bahasa-bahasa selain bahasa Inggris yang paling kentara dituturkan di Australia adalah sebagai berikut:
·         Bahasa Tionghoa (2,5%)
·         Bahasa Arab (1,4%)
·         Bahasa Kanton (1,2%)
·         Bahasa Vietnam (1,2)
·         Bahasa Italia (1,2%)
Penduduk-penduduk luar dari turunan pertama dan kedua yang bertempat tetap di Australia tergolong sebagian besarnya sebagai sekelompok berbagai orang yang berdwibahasa, berbahasa ibu mereka masing-masing sebagai wujud pengenalan jati diri keturunan mereka dan juga berbahasa Inggris selaku penduduk di Australia.

U.          GEOLOGI BENUA AUSTRALIA
Letak Astronomis Australia
Yang pertama harus diketahui saat mempelajari sebuah negara adalah letak astronomisnya. Letak astronomis ini adalah letak atau posisi suatu negara dilihat berdasarkan posisi negara tersebut pada garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis inilah yang nantinya menentukan iklim, cuaca bahkan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Secara astronomis, Australia terletak pada posisi sebagai berikut:
Karena terletak di belahan bumi bagian selatan maka posisi negara Australia pada garis lintang terletak pada titik antara 10°41’ LS (Lintang Selatan) - 43°39’ LS (Lintang Selatan).
Sudah dijelaskan sebelumnya jika Australia berada di bagian timur bumi, dengan begitu posisi Australia pada garis bujur adalah berada antara 113°9’ BT (Bujur Timur) - 153°39’ BT (Bujur Timur).

Letak Geografis Australia
Letak geografis suatu negara adalah posisi suatu negara dilihat secara nyata di bumi. Selain dilihat dari posisi atau letaknya secara nyata di bumi, letak geografis biasanya juga ditandai dengan adanya batas fitur geografi yang ada di bumi ataupun wilayah atau daerah yang paling dekat maupun berbatasan langsung dengannya. Untuk letak geografis Australia sendiri berada di bagian bumi selatan dan berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Secara geografis, Australia juga bisa dilihat berdasarkan batas-batas wilayahnya sebagai berikut:
Utara : berbatasan langsung dengan laut Timor, Laut Arafuru, Selat Flores dan Papua Nugini
Selatan: berbatasan langsung dengan Samudera Hindia
Timur: samudera Pasifik, Laut Tasman dan Laut Koral
Barat: Samudera Hindia
Lihat disini tampilan Peta Indonesia dan Peta Papua Nugini untuk memahami letak geografis Australia.

Letak Geologis Australia
Berdasarkan letak geologisnya, Australia berada pada barisan pegunungan Great Dividing range yang memanjang dari daerah Tanjung York hingga Pulau Tasmania. Rangkaian pegunungan yang dimaksud ini terdiri dari Pegunungan Alpen dan Pegunungan New England Range dengan puncak tertingginya berada di Gunung Kosciusco.
Sedangkan di bagian barat, geologis Australia terdiri dari dataran tinggi yang sering disebut dengan perisai Australia. Namun sebagian besar wilayah tengah dan barat Australia didominasi oleh gurun pasir besar yang terkenal, yaitu gurun Gipson dan gurun Victoria.
Diantara barisan pegunungan Plato barat dan pengunungan timur itu, terdapat sebuah lembah dan dataran rendah serta rangkaian batu karang yang juga menjadi ciri kas dari Australia. Lembah yang dimaksud itu adalah lembah Murray – Darling sedangkan dataran rendahnya adalah dataran rendah danau Eyre. Rangkaian terumbu karang yang menjadi pelindung Australia dari pengaruh gelombang itu terkenal dengan nama Grid Barrier Reef.
Keuntungan letak Geografis Australia
Dengan kondisi geografis yang sudah disebutukan di atas, tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi Australia. Keuntungan itu antara lain:
1.    Kondisi alam yang bervariasi
Kondisi alam di Australia cukup beragam mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, gurun dan pegunungan.
2.    Keaneka ragaman flora dan fauna
Pengaruh kondisi geografis Australia juga mempengaruhi keragaman flora dan fauna. Flora di Australia didominasi oleh Stepa dan Sabana. Sedangkan faunanya didominasi oleh tipe fauna seperti Kangguru, Koala, dan Burung Unta.

V.           KEBUDAYAAN MASYARAKAT BENUA AUSTRALIA
1.    Suku Aborigin
Suku Aborigin adalah suku asli Australia yang telah menempati benua tersebut dan pulau sekitarnya sejak 70.000 tahun lalu. Suku ini berbicara lebih dari 250 bahasa dan dialek yang berbeda-beda.

2.     Boomerang
Boomerang merupakan senjata tradisional khas suku Aborigin, Australia yang telah ditemukan sejak puluhan tahun yang lalu. Senjata ini merupakan senjata lempar yang biasa digunakan untuk berburu.
3.    Tari Tiwi
Tari Tiwi adalah tarian tradisional suku Aborigin. Tarian ini dipertunjukkan dengan gerakan yang kuat, dimana setiap pergatian gerakan harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan pukulan alat musik.

4.    Didgeridoo
Didgeridoo adalah alat musik tradisional yang telah berusia ribuan tahun. Alat musik ini memiliki bentuk yang panjang dan agak mengerucut. Didgerioo memiliki bunyi yang khas, tergantung kemahiran peniup.
5.    unday Roast
Australia memiliki makanan tradisional yang sama dengan bangsa Inggris, yaitu Sunday roast. Sunday roast merupakan sebuah hidangan yang biasa disajikan pada hari Minggu, terdiri dari daging panggang, kentang, dan dihidangkan bersama dengan sayuran atau puding.
6.    Yabun Festival
Yabun adalah festival pribumi terbesar di Australia. Festival yang berlangsung hanya 1 hari ini mampu menarik sekitar 10.000 sampai 15.000 orang penonton pada Hari Australia. Festival ini merupakan salah satu ajang musik pribumi terpenting di Negeri Kanguru ini.
7.    Seni Rupa Australia
Seni rupa Australia dianggap bermula dengan lukisan gua dan lukisan kulit kayu penduduk aslinya. Tradisi penduduk asli Australia diwariskan secara lisan melalui upacara dan juga dengan menyampaikan kisah-kisah zaman impian.
8.     Musik Tradisional Australia
Musik tradisional Australia dihasilkan oleh suku Aborigin dan kolonial Inggris. Musik Australia disebut juga sebagai musik Aborigin dan merupakan bagian internal dari perayaan sosial, budaya, dan upacara adat yang telah ada sejak 60.000 tahun yang lalu.
9.     Tjungu Festival
Tjungu Festival adalah festival empat hari yang diadakan di Voyages Rock Resort pada bulan April. Festival ini merayakan semua kebudayaan pribumi, mulai dari budaya, fashion, olahraga, musik, seni, hingga makanan.
10.     Laura Aboriginal Dance Festival
Setiap dua tahun sekali pada bulan Juni, ratusan penari dan ribuan pengunjung memenuhi kota kecil Laura di Cape York Peninsula untuk merayakan Laura Aboriginal Dance Festival. Masyarakat Aborigin dari seluruh Cape York Peninsula merayakan berbagai budaya, seperti tarian, lagu, seni, dan pertunjukan.

Comments

Popular Posts