Memperkenalkan Diri Dengan Bahasa Inggris



Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Terbaru

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Terbaru – Introduction atau perkenalan adalah salah satu materi yang paling pertama diajarkan ketika kita mempelajari bahasa Inggris.
Bahkan tidak jarang juga pendidikan formal maupun non formal mewajibkan para siswa-siswi nya untuk mampu dan menguasai materi introduction ini. Tidak terkecuali sahabat yang sedang membaca materi ini kan? 

Kenapa Sih Kita ‘Harus’ Memperkenalkan Diri?

Sebagai sebuah bahasa, bahasa Inggris, nantinya tentu akan digunakan sabagai alat untuk berkomunikasi secara lisan. Cara pertama untuk berkomunikasi dengan orang baru, tentu saja dengan memulai sebuah ‘perkenalan’.
Di sekolah, biasanya guru mempersilahkan siswa baru untuk memperkenalkan diri mereka masing-masing. Hal ini dilakukan agar suasana kelas menjadi lebih santai. Karena dengan berkenalan akan menjadikan kita lebih akrab dengan orang yang di ajak berkenalan. Iya kan? Iya dong. #maksa

Tips Ketika Ingin Memperkenalkan Diri

Dalam memperkenalkan diri kepada orang lain, tentu kita mempunyai tata karma atau aturannya. Tidak terkecuali ketika kita ingin berkenalan dengan menggunakan bahasa Inggris. Coba simak tipsnya berikut ini:
  • Pertama, tentu sahabat harus memperkenalkan diri dengan sopan.
  • Kedua, coba perhatikan adat dan budaya setempat, misal dengan mencampur bahasa daerah setempat. Hindari hal-hal yang berbau ‘negative’.
  • Apabila sahabat berkenalan secara langsung (1 on 1) silahkan awali dengan berjabat tangan.
  • Terakhir jangan lupa sebelum berkenalan ucapkan salam. Misal; hai, hi, hello, assalamualaikum, dan lain sebagainya.
Contoh Urutan yang Baik Untuk Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Agar sahabat BDBI mampu memperkenalkan diri dengan baik coba simak urutannya berikut ini:
1. Sampaikan Salam Pembuka
Ketika kita ingin memperkenalkan diri, jangan lupa untuk memulainya dengan memberikan salam pembukaan. Dalam bahasa Inggris sendiri, sahabat dapat menggunakan beberapa ungkapan sebagai berikut
  • hai…
  • hello….
  • Hi every body…
  • hello class…
  • how are you?
  • How do you do?
  • dan masih banyak lagi ucapan salam pembuka lainnya.
2. Sampaikan Kalimat Perkenalannya
Nah, setelah sahabat menyampaikan salam pembuka, lanjutkan dengan memulai perkenalan dengan contoh kalimat berikut ini:
  • Hai everybody. Let me introduce myself.
  • Please allow me to introduce myself.
  • Hello class. How do you do? Now, I would like to introduce myself.
  • dan lain sebagainya. 
3. Sampaikan Biodata, bisa dimulai dari Nama, hobi, usia, tempat tanggal lahir, dll.
  • My name is …..
  • I was born in …..
  • I am ….. years old.
  • My hobbies are ….
  • My hobby is ….
  • dan seterusnya.
4. Setelah dirasa Biodata yang diberikan cukup, akhiri perkenalannya dengan mengucapkan kalimat penutup. Contohnya:
  • Thank you.
  • Good bye.
  • See you.
  • Thank you.
  • Thank you very much.
  • Nice to meet you.
  • Nice to meet you all.
  • It is a pleasure to meet you.
  • See you tomorrow.
  • See you next time.
  • dan lain sebagainya. 

Contoh dan Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

1.       Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris di Depan Kelas

Hello… good morning class.
Thank you very much for this time. I am so glad to see you in this nice occasion. Now, please allow me to introduce myself. My name is Jefry Kurniawan. I am from LA. Do you know LA? LA is Lenteng Agung. 
I was born in Jogjakarta, on September 5th, 2002. So, I am 14 years old. My family and I live at Soedirman street number 7, Lenteng Agung, Jogja.
My hobbies are listening to music, travelling, and playingFOOTBALL. I am crazy about playing football. I believe, I will be a famous and great football player in the world.
Singing is the other thing that I love. So, I decided to join Musical in our school as my extracurricular. Besides that, I also become a member of Jogja Music Community. I learn many things from Jogja Music Community.
I think that’s all about myself. Thank you very much for your nice attention. See you. Bye!

Artinya:
Halo … selamat pagi.
Terima kasih banyak untuk kesempatan kali ini. Saya sangat senang bertemu dengan kalian di kesempatan yang baik ini. Sekarang, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya adalah Jefry Kurniawan. Saya dari LA. Apakah Anda tahu LA? LA adalah Lenteng Agung. : D
Saya lahir di Yogyakarta, pada tanggal 5 September 2002. Jadi, saya sekarang berusia 14 tahun. Saya dan keluarga saya tinggal di Jalan Sudirman nomor 7, Lenteng Agung, Jogja.
Hobi saya adalah mendengarkan musik, jalan-jalan, dan bermain sepakBOLA. Saya sangat senang bermain sepak bola. Saya percaya, saya akan menjadi pemain sepak bola terkenal dan besar di dunia.
Bernyanyi adalah hal lain yang saya suka. Jadi, saya memutuskan untuk bergabung ekskul Musik di sekolah sebagai ekstrakurikuler saya. Selain itu, saya juga menjadi anggota Komunitas Jogja Musik. Saya belajar banyak hal dari Komunitas Jogja Musik.
Saya pikir demikianlah tentang diriku. Terima kasih banyak atas perhatian Anda semua. Sampai jumpa. Bye!

2.       Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Singkat dan Artinya
Assalamualaikum, wr. wb.
Good morning everybody, please allow me to introduce myself. Hi… my name is Raffi Ahmad. You can call me Raffi. I was born in Bandung on 11th March 1979. Now, I live in Jakarta, the capital city of Indonesia. Here, I stayed at my uncle’s house in Rawa Belong, South Jakarta.
My hobbies are watching horror movie, reading, and swimming. But, I have one of my favorite things to do. I love spending my free time by doing nothing or lying on my bed. 
am the youngest in my family. I have one brother, Bento and a sister, Siska. My parents are teachers. I love my family so much! Well that’s all my introduction. Nice to meet you all. Thank you very much.
Wassalamualaikum, wr. wb.
Artinya:
Assalamualaikum, wr. wb.
Selamat pagi semua, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Hai … nama saya Raffi Ahmad. Anda bisa memanggil saya Raffi. Saya lahir di Bandung pada tanggal 11 Maret 1979. Sekarang, saya tinggal di Jakarta, ibukota Indonesia. Di sini, saya tinggal di rumah paman saya di Rawa Belong, Jakarta Selatan.
Hobi saya adalah menonton film horor, membaca, dan berenang. Tapi, saya punya salah satu hal yang paling favorit untuk saya lakukan. Saya suka menghabiskan waktu luang saya dengan tidak melakukan apa-apa atau hanya berbaring di tempat tidur. : D
Saya anak bungsu dalam keluarga saya. Saya punya satu saudara laki-laki, Bento dan saudara perempuan, Siska. Kedua orang tua saya adalah guru. Saya sangat mencintai keluarga saya! Nah itu perkenalan dari saya. Senang bertemu dengan kalian semua. Terima kasih banyak.
Wassalamualaikum, wr. wb.
3.       Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Saat Interview Langsung Oleh Guru
Anita adalah seorang murid baru di salah satu sekolah menengah pertama di Bandar Lampung. Sekolah Anita yang baru ini sudah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), jadi di lingkungan sekolah ini sudah menggunakan Bahasa Inggris untuk bahasa sehari-harinya. Wali kelasnya yang baru tentu ingin berkenalan dengan Anita dengan bahasa Inggris. Kita simak aja yuk bersama-sama! 
Anita: Excuse me.
Teacher: Come in! Have a seat, please.
Anita: Thank you mam.
Teacher: Well. I know that you are the new student in this school. What’s your name?
Anita: Anita mam. My full name is Anita Rahmawati.
Teacher: Okay. Here, I am your homeroom teacher. So, I’ve to know all of my students in my class. So, would you please introduce yourself?
Anita: Sure mam. Why not.
Teacher: Okay, please.
Anita: Well, let me introduce myself. My name is Anita Rahmawati. You can call me Anita. I am 15 years old. I am from Bandung. But now, I live with my parents in Ikan Kapasan Street number 4, South Telukbetung, Bandar Lampung. I am the first in my family. I have one brother and no sister. So, my family consisting of 4 members including me. I graduated from SDN 1 Sukamaju in 2016. My hobbies are reading, listening to the music, and watching movie. That’s all about me mam. Thank you very much for your nice attention.
Teacher: Nice! Your English is good enough. How can?
Anita: Thanks mam. My parents usually use English in dialy conversation. So, it make me familiar with English.
Teacher: Okay. I think is enough for now. But, please give this letter to your parents. I wanna see them tomorrow morning.
Anita: Okay mam. I will give it.
Teacher: Thanks. You may go to your class and continue the study. See you. Bye.
Anita: Bye.
Artinya:
Anita: Permisi.
Guru: Masuk! Silahkan duduk.
Anita: Terima kasih bu.
Guru: Baiklah. Ibu tahu bahwa kamu adalah siswa baru di sekolah ini. Siapa namamu?
Anita: Anita bu. Nama lengkap saya adalah Anita Rahmawati.
Guru: Oke. Disini, ibu adalah wali kelas mu. Jadi, ibu harus tahu semua siswa yang ada di kelas ibu. Jadi, maukah kamu memperkenalkan dirimu?
Anita: Tentu bu. Kenapa tidak.
Guru: Oke, silahkan.
Anita: Baiklah, perkenankan saya memperkenalkan diri. Nama saya Anita Rahmawati. Ibu bisa memanggil saya Anita. Saya berusia 15 tahun. Saya dari Bandung. Tapi sekarang, saya tinggal dengan orang tua saya di Jalan Ikan Kapasan nomor 4, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung. Saya anak pertama di keluarga saya. Saya punya satu saudara laki-laki dan tidak ada saudara perempuan. Jadi, keluarga saya terdiri dari 4 anggota termasuk saya. Saya lulus dari SDN 1 Sukamaju tahun 2016. Hobi saya adalah membaca, mendengarkan musik, dan menonton film. Itulah semua tentang saya bu. Terima kasih banyak atas perhatian ibu.
Guru: Bagus! Bahasa Inggris mu cukup bagus. Bagaimana bisa?
Anita: Terima kasih bu. Kedua orang tua saya biasa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari. Jadi, itu membuat saya akrab dengan bahasa Inggris.
Guru: Oke. Ibu pikir cukup untuk sekarang. Tapi, tolong berikan surat ini kepada kedua orang tuamu. Ibu ingin bertemu mereka besok pagi.
Anita: Oke bu. Saya akan memberikannya.
Guru: Terima kasih. Kamu BOLEH kembali ke kelas dan melanjutkan pelajaran. Sampai jumpa. Dadah…!
Anita: Dadah…

Comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts